13 Desember 2022

penyebab Knalpot motor nembak saat gas dilepas

 

Knalpot motor


sepeda motor jika terus menerus digunakan dapat dipastikan akan mengalami beberapa kerusakan entah pada bagian luar maupun bagian mesin tetapi jika motor selalu dirawat dan rutin servis dapat mengurangi hal tersebut dapat dihindari alhasil motor akan tetap nyaman dan aman dikendarai, mungkin hal ini perlu memerlukan biaya tetapi mengingat jika sepeda motor sampai rusak parah akibat ketledoran pemilik nya dan sampai rusak parah akan membuat pengeluaran berlipat dikarenakan kerusakan nya semakin bertambah karena tidak segera diperbaiki pada saat kerusakan awal terjadi, misalnya hanya karna malas mengganti oli dan pada akhirnya terjadi aus pada mesin yang mengakibatkan oli mesin kering dan membuat seluruh komponen bagian dalam mesin bergesekan.

Fungsi knalpot untuk pada sepeda motor 

Knalpot pada setiap mesin maupun kendaraan pada jaman ini bisa dikatakan wajib / perlu digunakan. Ada beberapa fungsi lain nya yang mungkin masih belum diketahui misal nya : 

  • Knalpot untuk mengurangi suara yang keluar dari mesin.
  •  Mengurangi polusi udara dikarenakan knalpot memiliki penyaringan agar udara yang keluar tidak mengandung zat berbahaya akibat pembakaran didalam mesin.
  • Sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan sepeda motor agar lebih bagus.
  •  Meningkatkan performa mesin motor dan membuat pembakaran lebih sempurna.


 knapot motor nembak saat gas dilepas : 

Jika motor mengalami masalah biasanya dapat terlihat dari suara knalpot yamg murai tidak stabil yang paling sering ditemukan yaitu pada saat gas dilepas atau diturun kan akan berbunyi seperti nembak, hal ini disebkan adanya putaran balik dari kompresi yang terdapat didalam mesin.

Penyebab knalpot motor nembak saat gas dilepas :

  • Bahan bakar tercampur dengan zat lain misal air.
  • Terjadi kebocoran kompresi entah dari bagian : klep, intake karburator, knalpot bocor, setelan karburator, filter kotor.
  •  Busi sudah harus ganti / sudah tidak dapat memercikan api
  •  Untuk motor ber arus dc / motor injeksi aki sudah lemah
  •  Posisi choke terbuka/ posisi on




11 Desember 2022

Penyebab rantai motor cepat rusak

 

Gambar rantai motor
 

Rantai motor merupakan perantara untuk menggerakan sepeda motor yang nersumber dari mesin dan menarik bagian roda belakang agar dapat berjalan. Rantai mempunyai peran penting dan setiap motor berjalan dapat dipastikan rantai harus bekerja, hal ini dapat dipastikan akan cepat terjadinya kerusakan pada rantai jika kurang nya perawatan pada rantai, yang dapat kita jadikan contoh misal rantai baru jika posisi rantai kendor dan bisa sampai lepas hingga terjepit dapat membuat rantai ini rusak dan tidak bisa digunakan kembali. 

Jadi berikut ini adalah penyebab rantai cepat rusak : 

1. Rantai tidak diberikan pelumas.
2. Penggunakan pelumas sembarangan misal dengan oli bekas.
3. Kurang perawatan kekencangan rantai
4. Saat penggantian rantai tidak satu dengan gear.
5. Penggunaan motor yang terlalu extrim
6. Sering membawa beban melebihi kapasitas.
7. Kurang tepat setelan roda membuat terjadinya posisi tidak center.


Penyebab Aki motor tidak mengisi

 

Gambar rs 100 modif

Fungsi aki pada motor 

Aki berfungsi untuk memberikan penyimpanan arus kelistrikan yang nanti nya akan digunakan untuk kebutuhan kelistrikan sepeda motor agar dapat berfungsi dengan baik, misalnya : lampu sein, spedometer, klakson dll yang pada umum nya untuk arus yang bertipe DC.

Mengapa aki tidak kebahisan daya ? 

Karena setiap sepeda motor yang menggunakan aki jika mesin di nyalakan itu sudah sama dengan proses pengisian daya dilakukan dengan catatan kondisi aki maupun jalur pengisian aki normal ya. Proses pengisian ulang ini berada pada bagian magnet motor yang menjadi satu bagian dalam sepul, yang biasanya sepul terbagi menjadi 3 bagian dan fungsi masing -masing, yaitu : 

1. Sepul cdi

Sepul ini yang berfungsi untuk membuat motor dapat menyala dan arus ini masuk ke CDI, jika sepul ini tidak memercikan api maka yang terjadi motor tidak akan menyala.

2. Sepul lampu

Untuk sepul lampu menuju ke kiprok/ regulator dan langsung menuju ke lampu depan karena pada dasarnya sepul ini berguna untuk memasok arus penerangan / lampu.

3. Sepul pengisian

Sepul pengisian juga mengarah ke kiprok/ regulator akan tetapi fungsi nya yaitu untuk mengisi ulang arus aki.

Berikut Adalah 3 macam sepul yang ada pada motor beserta jalur nya. Tetapi jika aki sepeda motor tidak dapat di stater ataupun lampu tidak menyala, atau bahkan jika aki masih baru tetapi sudah drop pastikan cek kondisi beberapa komponen ini.

Yang dapat menjadi penyebab aki sepeda motor tidak mengisi :

  •  Cek aki apakah masih dapat melakukam penyimpanan daya atau sudah rusak.
  •  Cek kiprok, dengan. Cara pada saat mesin dihidupkan akan terasa hangat jika kiprok masih berfungsi.
  •  Pastikan soke / kabel kiprok dalam kondisi normal, karena sering terbakar dikarenakan konslet.
  •  Cek sepul, dapat dilakukan dengan cara melihat spul jika terlihat gosong beratk sudah rusak atau untuk pasti nya menggunaan alat multitester.

09 Desember 2022

Ciri membran motor 2 tak rusak

 

Gambar membran fizr

Membran / reed valve 

Membran merupakan part yang terpasang pada motor 2 tak yang berbentuk katup dan memiliki fungsi untuk sebagai pembuka dan penutup kompresi mesin agar bahan bakar dapat dikontrol agar pembakaran dapat sempurna dan sesuai kebutuhan mesin. 

Membran untuk motor 2 tak memiliki peran penting untuk kenyamanan berkendara. Bagaimana bisa ? Perlunya penghisapan bahan bakar agar tidak berlebihan, jika bahan bakar tidak diatur oleh membran dan terlalu banyak konsumsi bensin maka motor 2 tak akan boros busi dan proses pembakaran tidak akan stabil dan akan sulit dalam pemeliharaan nya.

Ciri jika memberan motor 2 tak rusak ?

  •  Gas tidak bisa langsam
  •  Motor tidak bertenaga dikarenakan kebocoran kompresi
  • Boros busi
  • Bahan bakar boros
  •  Tarikan motor akan brebet 

Jadi kurang lebih nya jika membran motor 2 tak rusak, mesin mengalami gejala seperti diatas, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

06 Desember 2022

Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi

 Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi - Industri otomotif adalah semua perusahaan dan kegiatan yang terlibat dalam pembuatan kendaraan bermotor, termasuk sebagian besar komponen, seperti mesin dan bodi, tetapi tidak termasuk ban, baterai, dan bahan bakar. 


Produk utama industri ini adalah mobil penumpang dan truk ringan, termasuk pikap, van, dan kendaraan sport. Kendaraan komersial (yaitu, truk pengiriman dan truk pengangkut besar, sering disebut semi), meskipun penting bagi industri, bersifat sekunder. Sejarah industri otomotif, meskipun singkat dibandingkan dengan banyak industri lainnya, memiliki minat yang luar biasa karena pengaruhnya terhadap sejarah dari abad ke-20. 

Meskipun mobil berasal dari Eropa pada akhir abad ke-19, yaitu Amerika Serikat sepenuhnya mendominasi industri dunia selama paruh pertama abad ke-20 melalui penemuan teknik produksi massal. Pada paruh kedua abad ini, situasinya berubah tajam ketika negara-negara Eropa Barat dan Jepang menjadi produsen dan eksportir utama.


Meskipun kendaraan jalan raya bertenaga uap diproduksi lebih awal, asal muasal industri otomotif berakar pada perkembangannya mesin bensin pada tahun 1860-an dan 70-an, terutama di Prancis dan Jerman. Pada awal abad ke-20, pabrikan Jerman dan Prancis telah bergabung dengan Inggris, Pembuat Italia, dan Amerika.


Apa Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi?

Kontribusi luar biasa dari industri otomotif terhadap kemajuan teknologi adalah pengenalan produksi massal skala penuh, sebuah proses yang menggabungkan presisi, standarisasi, pertukaran, sinkronisasi, dan kontinuitas. Produksi massal adalah inovasi Amerika. Amerika Serikat, dengan populasinya yang besar, standar hidup yang tinggi, dan jarak yang jauh, adalah tempat kelahiran alami dari teknik tersebut, yang sebagian telah dieksplorasi pada abad ke-19. 


Meskipun Eropa telah ikut serta dalam eksperimen, peran Amerika ditekankan dalam deskripsi populer tentang standardisasi dan interchangeability sebagai “the sistem manufaktur Amerika.” Teknik dasar telah diketahui, tetapi sebelumnya tidak pernah diterapkan pada pembuatan mekanisme serumit kendaraan bermotor.


Jenis pertukaran yang dicapai oleh "sistem Amerika" didemonstrasikan secara dramatis pada tahun 1908 di British Royal Automobile Club di London: tiga Mobil Cadillac dibongkar, suku cadangnya dicampur menjadi satu, 89 suku cadang dilepas secara acak dan diganti dari stok dealer, dan mobil tersebut dipasang kembali dan dikendarai sejauh 800 km (500 mil) tanpa masalah. 


Henry M. Leland, pendiri Cadillac Motor Car Company dan orang yang bertanggung jawab atas prestasi pertunjukan itu, kemudian meminta bantuan seorang insinyur kelistrikan ternama, Charles F. Kettering, dalam mengembangkan starter listrik, sebuah inovasi yang signifikan di dunia otomotif dalam mempromosikan penerimaan mobil bertenaga bensin. 


Harapan utama dunia industri otomotif

 Harapan Utama Dunia Industri Otomotif -Industri otomotif terdiri dari berbagai perusahaan dan organisasi yang terlibat dalam desain, pembuatan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan kendaraan bermotor. Industri otomotif dimulai pada tahun 1860-an dengan ratusan pabrikan yang memelopori kereta tanpa kuda.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat memimpin dunia dalam total produksi mobil. Pada tahun 1929, sebelum Depresi Hebat, dunia memiliki sekitar 32.028.500 mobil yang digunakan, dan industri mobil AS memproduksi lebih dari 90% mobil tersebut. Saat itu, Amerika Serikat memiliki satu mobil per 4,87 orang. Setelah tahun 1945, AS menghasilkan sekitar 75 persen dari produksi mobil dunia. 


Pada tahun 1980, AS diambil alih oleh Jepang dan kemudian kembali menjadi pemimpin dunia pada tahun 1994. Pada tahun 2006, Jepang nyaris melewati AS dalam produksi dan mempertahankan peringkat ini hingga tahun 2009, ketika China menempati posisi teratas dengan 13,8 juta unit. 


Pembuatan mobil tahap awal melibatkan perakitan manual oleh pekerja manusia. Prosesnya berkembang dari para insinyur yang mengerjakan mobil stasioner, ke sistem sabuk konveyor di mana mobil melewati beberapa stasiun insinyur yang lebih terspesialisasi. Mulai tahun 1960-an, peralatan robot diperkenalkan ke proses tersebut, dan saat ini sebagian besar mobil diproduksi sebagian besar dengan mesin otomatis.

Apa Harapan Utama Dunia Industri Otomotif?

Keselamatan adalah keadaan yang menyiratkan dilindungi dari segala risiko, bahaya, kerusakan, atau penyebab cedera. Dalam industri otomotif, keselamatan berarti pengguna, operator, atau pabrikan tidak menghadapi risiko atau bahaya apa pun yang berasal dari kendaraan bermotor atau suku cadangnya. Keamanan untuk kendaraan itu sendiri menyiratkan bahwa tidak ada risiko kerusakan.


Keselamatan dalam industri otomotif sangat penting dan karenanya sangat diatur. Mobil dan segala jenis kendaraan bermotor lainnya harus mematuhi sejumlah peraturan, baik lokal maupun internasional, supaya dapat diterima di pasar. Standar ISO 26262, dianggap sebagai salah satu kerangka praktik terbaik untuk mencapai keselamatan fungsional otomotif.


Pengujian dan inspeksi produk dan operasi pada berbagai tahap rantai, hal ini dilakukan untuk menghindari penarikan kembali produk, dengan memastikan keamanan dan keselamatan pengguna akhir serta kepatuhan terhadap persyaratan industri otomotif. Namun, industri otomotif masih mengkhawatirkan penarikan produk, yang menyebabkan konsekuensi finansial yang cukup besar.



05 Desember 2022

Suara mesin rc 100 bravo kasar

 

Gmbar suzuki tornado

       Ngomongin tentang motor 2 tak kata yang paling sering didengar yaitu adalah kata Boros, tapi banyak pecinta motor 2 tak yang masih ngerawat motor 2 tak, memang karakter mesin dari motor mesin 2 langkah berbeda dengan 4 tak yaitu lebih responsif terutama untuk para pecinta dunia otomotif yang suka dengan kecepatan. 

       Akan tetapi untuk mesin 2 tak yang pastinya suda menjadi motor yang tergolong berumur, pastinya mesin akan mulai bermasalah apalagi motor digunakan sehari- hari. Jadi jika ingin mesin terasa saat masih fit ya perlu banget perawatan extra.

  • Suara mesin rc 100 bravo kasar 

Untuk mesin 2 tak banyak sekali ditemui terdengar sedikit kasar, tapi ya gak maslah si klo dipake tetep aman aja asal oli samping gak kering aja. Untuk beberapa pemilik motor terutama suzuki rc 100 sering dikeluhkan jika mesin terdengar tidak nyaman ditelinga. Apa penyebab nya ? 

Penyebab nya banyak tergantung kondisi motor rc 100 nya, akan tetapi yang paling berpengaruh antara lain, bearing kruk as, piston dan stang kruk as, ketiga hal ini yang paling sering ditemui jika terjadi kerusakan atau hanya mesin terdengar sedikit kasar, tetapi kalo hanya sedikit saja sih masih sah sah saja. Tapi pada saat perbaikan mesin usahakan dipasrahkan ke bengkel yang benar2 berpengalaman dengan mesin 2 tak ya, kalo cuma asal asalaan dikhawatirkan bukanya makin enak tapi malah turun performanya. 

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988