Fungsi kiprok
kiprok bagi sepeda motor adalah sesuatu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi untuk menstabilkan arus listrik dari sepul menuju lampu depan agar tidak berlebihan arus yang dihasilkana dan kiprok juga memupunyai fungsi untuk memberikan pengisian ulang untuk aki. jika tanpa adanya kiprok dalam penggunaan penerangan dalam sepeda motor tersebut akan tidak stabil dapat menyebabkan putus nya bolam lampu secara cepat karena arus sepul yang terlalu besar. maka itu pula bisa dijadikan ciri dan tanda jika kiprok tersebut sudah mati ataupun lemah.
kiprok suzuki tornado
kiprok suzuki tornado menggunakan kiprok jenis 4 soket yang memiliki perbedaan warna, pada umum nya setiap kabel tersebut yang memiliki perbedaan warna dikarenakan sebagai identitas / tanda untuk mengetahui fungsi dan arus sesuai dengan sumber arus nya, selain melakukan pengecekan kerusakan komponen kelistrikan terutama bagian kiprok, ada kalanya periksa bagian soket kabel kiprok terlebih dahulu karena kadang terjadi kasus terbakarnya kabel kiprok dikarenakan usia kabel sudah rapuh, dalam melakukan pengecekan ataupun mengganti baru soket maupun kabel kiprok perlu mengetahui arti setiap warna kabel tersebut.
|
|
2 |
1 |
3 |
4 |
Blok hitam ( arah pin soket )
Jalur Kiprok suzuki tornado:
1. Putih strip merah (positif ) pengisian aki
arus ini memiliki fungsi untuk melakukan pengisian ulang aki agar aki tidak drop saat digunakan, arus ini berasal dari sepul.
2. Hitam strip putih (negatif) massa
arus ini ini biasa disebut dengan massa atau ground berguna untuk memberikan arus negatidf biasanya disambungkan ke rangka atau body yang berbahan besi / almunium.
3. Kuning (positif) spul lampu
arus ini berguna untuk memberikan arus untuk lampu penerangan utama
4. Merah (positif) aki
arus ini terhubung langsung ke aki agar aki dapat terisi kembali dan dapat digunakan dan tidak drop
Untuk detail melalui video tentang jalur kiprok suzuki tornado / rc 100 klik disini