09 Desember 2022

Ciri membran motor 2 tak rusak

 

Gambar membran fizr

Membran / reed valve 

Membran merupakan part yang terpasang pada motor 2 tak yang berbentuk katup dan memiliki fungsi untuk sebagai pembuka dan penutup kompresi mesin agar bahan bakar dapat dikontrol agar pembakaran dapat sempurna dan sesuai kebutuhan mesin. 

Membran untuk motor 2 tak memiliki peran penting untuk kenyamanan berkendara. Bagaimana bisa ? Perlunya penghisapan bahan bakar agar tidak berlebihan, jika bahan bakar tidak diatur oleh membran dan terlalu banyak konsumsi bensin maka motor 2 tak akan boros busi dan proses pembakaran tidak akan stabil dan akan sulit dalam pemeliharaan nya.

Ciri jika memberan motor 2 tak rusak ?

  •  Gas tidak bisa langsam
  •  Motor tidak bertenaga dikarenakan kebocoran kompresi
  • Boros busi
  • Bahan bakar boros
  •  Tarikan motor akan brebet 

Jadi kurang lebih nya jika membran motor 2 tak rusak, mesin mengalami gejala seperti diatas, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

06 Desember 2022

Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi

 Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi - Industri otomotif adalah semua perusahaan dan kegiatan yang terlibat dalam pembuatan kendaraan bermotor, termasuk sebagian besar komponen, seperti mesin dan bodi, tetapi tidak termasuk ban, baterai, dan bahan bakar. 


Produk utama industri ini adalah mobil penumpang dan truk ringan, termasuk pikap, van, dan kendaraan sport. Kendaraan komersial (yaitu, truk pengiriman dan truk pengangkut besar, sering disebut semi), meskipun penting bagi industri, bersifat sekunder. Sejarah industri otomotif, meskipun singkat dibandingkan dengan banyak industri lainnya, memiliki minat yang luar biasa karena pengaruhnya terhadap sejarah dari abad ke-20. 

Meskipun mobil berasal dari Eropa pada akhir abad ke-19, yaitu Amerika Serikat sepenuhnya mendominasi industri dunia selama paruh pertama abad ke-20 melalui penemuan teknik produksi massal. Pada paruh kedua abad ini, situasinya berubah tajam ketika negara-negara Eropa Barat dan Jepang menjadi produsen dan eksportir utama.


Meskipun kendaraan jalan raya bertenaga uap diproduksi lebih awal, asal muasal industri otomotif berakar pada perkembangannya mesin bensin pada tahun 1860-an dan 70-an, terutama di Prancis dan Jerman. Pada awal abad ke-20, pabrikan Jerman dan Prancis telah bergabung dengan Inggris, Pembuat Italia, dan Amerika.


Apa Kontribusi Industri Otomotif Terhadap Kemajuan Teknologi?

Kontribusi luar biasa dari industri otomotif terhadap kemajuan teknologi adalah pengenalan produksi massal skala penuh, sebuah proses yang menggabungkan presisi, standarisasi, pertukaran, sinkronisasi, dan kontinuitas. Produksi massal adalah inovasi Amerika. Amerika Serikat, dengan populasinya yang besar, standar hidup yang tinggi, dan jarak yang jauh, adalah tempat kelahiran alami dari teknik tersebut, yang sebagian telah dieksplorasi pada abad ke-19. 


Meskipun Eropa telah ikut serta dalam eksperimen, peran Amerika ditekankan dalam deskripsi populer tentang standardisasi dan interchangeability sebagai “the sistem manufaktur Amerika.” Teknik dasar telah diketahui, tetapi sebelumnya tidak pernah diterapkan pada pembuatan mekanisme serumit kendaraan bermotor.


Jenis pertukaran yang dicapai oleh "sistem Amerika" didemonstrasikan secara dramatis pada tahun 1908 di British Royal Automobile Club di London: tiga Mobil Cadillac dibongkar, suku cadangnya dicampur menjadi satu, 89 suku cadang dilepas secara acak dan diganti dari stok dealer, dan mobil tersebut dipasang kembali dan dikendarai sejauh 800 km (500 mil) tanpa masalah. 


Henry M. Leland, pendiri Cadillac Motor Car Company dan orang yang bertanggung jawab atas prestasi pertunjukan itu, kemudian meminta bantuan seorang insinyur kelistrikan ternama, Charles F. Kettering, dalam mengembangkan starter listrik, sebuah inovasi yang signifikan di dunia otomotif dalam mempromosikan penerimaan mobil bertenaga bensin. 


Harapan utama dunia industri otomotif

 Harapan Utama Dunia Industri Otomotif -Industri otomotif terdiri dari berbagai perusahaan dan organisasi yang terlibat dalam desain, pembuatan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan kendaraan bermotor. Industri otomotif dimulai pada tahun 1860-an dengan ratusan pabrikan yang memelopori kereta tanpa kuda.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat memimpin dunia dalam total produksi mobil. Pada tahun 1929, sebelum Depresi Hebat, dunia memiliki sekitar 32.028.500 mobil yang digunakan, dan industri mobil AS memproduksi lebih dari 90% mobil tersebut. Saat itu, Amerika Serikat memiliki satu mobil per 4,87 orang. Setelah tahun 1945, AS menghasilkan sekitar 75 persen dari produksi mobil dunia. 


Pada tahun 1980, AS diambil alih oleh Jepang dan kemudian kembali menjadi pemimpin dunia pada tahun 1994. Pada tahun 2006, Jepang nyaris melewati AS dalam produksi dan mempertahankan peringkat ini hingga tahun 2009, ketika China menempati posisi teratas dengan 13,8 juta unit. 


Pembuatan mobil tahap awal melibatkan perakitan manual oleh pekerja manusia. Prosesnya berkembang dari para insinyur yang mengerjakan mobil stasioner, ke sistem sabuk konveyor di mana mobil melewati beberapa stasiun insinyur yang lebih terspesialisasi. Mulai tahun 1960-an, peralatan robot diperkenalkan ke proses tersebut, dan saat ini sebagian besar mobil diproduksi sebagian besar dengan mesin otomatis.

Apa Harapan Utama Dunia Industri Otomotif?

Keselamatan adalah keadaan yang menyiratkan dilindungi dari segala risiko, bahaya, kerusakan, atau penyebab cedera. Dalam industri otomotif, keselamatan berarti pengguna, operator, atau pabrikan tidak menghadapi risiko atau bahaya apa pun yang berasal dari kendaraan bermotor atau suku cadangnya. Keamanan untuk kendaraan itu sendiri menyiratkan bahwa tidak ada risiko kerusakan.


Keselamatan dalam industri otomotif sangat penting dan karenanya sangat diatur. Mobil dan segala jenis kendaraan bermotor lainnya harus mematuhi sejumlah peraturan, baik lokal maupun internasional, supaya dapat diterima di pasar. Standar ISO 26262, dianggap sebagai salah satu kerangka praktik terbaik untuk mencapai keselamatan fungsional otomotif.


Pengujian dan inspeksi produk dan operasi pada berbagai tahap rantai, hal ini dilakukan untuk menghindari penarikan kembali produk, dengan memastikan keamanan dan keselamatan pengguna akhir serta kepatuhan terhadap persyaratan industri otomotif. Namun, industri otomotif masih mengkhawatirkan penarikan produk, yang menyebabkan konsekuensi finansial yang cukup besar.



05 Desember 2022

Suara mesin rc 100 bravo kasar

 

Gmbar suzuki tornado

       Ngomongin tentang motor 2 tak kata yang paling sering didengar yaitu adalah kata Boros, tapi banyak pecinta motor 2 tak yang masih ngerawat motor 2 tak, memang karakter mesin dari motor mesin 2 langkah berbeda dengan 4 tak yaitu lebih responsif terutama untuk para pecinta dunia otomotif yang suka dengan kecepatan. 

       Akan tetapi untuk mesin 2 tak yang pastinya suda menjadi motor yang tergolong berumur, pastinya mesin akan mulai bermasalah apalagi motor digunakan sehari- hari. Jadi jika ingin mesin terasa saat masih fit ya perlu banget perawatan extra.

  • Suara mesin rc 100 bravo kasar 

Untuk mesin 2 tak banyak sekali ditemui terdengar sedikit kasar, tapi ya gak maslah si klo dipake tetep aman aja asal oli samping gak kering aja. Untuk beberapa pemilik motor terutama suzuki rc 100 sering dikeluhkan jika mesin terdengar tidak nyaman ditelinga. Apa penyebab nya ? 

Penyebab nya banyak tergantung kondisi motor rc 100 nya, akan tetapi yang paling berpengaruh antara lain, bearing kruk as, piston dan stang kruk as, ketiga hal ini yang paling sering ditemui jika terjadi kerusakan atau hanya mesin terdengar sedikit kasar, tetapi kalo hanya sedikit saja sih masih sah sah saja. Tapi pada saat perbaikan mesin usahakan dipasrahkan ke bengkel yang benar2 berpengalaman dengan mesin 2 tak ya, kalo cuma asal asalaan dikhawatirkan bukanya makin enak tapi malah turun performanya. 

Mio brebet saat digas : pahami penyebab

         Mio merupakan motor matic keluaran yamaha yang bisa dibilang sebagai awal mulai diminatinya motor matic hingga pada saat ini, karena mudah digunakan untuk semua kalangan dan jika diperlukan untuk membawa barang dapat muat banyak. Tapi berbeda dengan motor matic keluaran sekarang yang sudah memakai teknologi injeksi, yamaha mio masih menggunakan karburator yang tidak dipungkiri bbm terasa lebih boros, akan tetapi kekuatan mesin nya masih sangatlah kokoh hingga saat ini, jadi tidak sedikit yang masih menggunakan yamaha mio entah untuk koleksi maupun untuk nostalgia ataupun digunakan sehari - hari. 


          Akan tetapi yang namanya kendaraan jika sudah lama dipakai pasti akan bada keluhan yang terjadi, misalnya yang paling sering terjadi kerusakan yaitu mio brebet saat digas, hal ini terjadi misalnya pada saat motor mio langsam lalu posisi gas ditarik sedikit maka terjadi brebet jika gas semakin dalam brebet akan hilang. Hal ini bisa membuat pembakaran akan semakin boros bahan bakar dan juga boros busi yang bisa mengakibatkan motor tiba - tiba mati dijalan.

Beberapa hal yang dapat menyebab kan mio brebet saat digas :

  •  Karet skep karburator 

Karet pada bagian atas skep ini sangat berpengaruh dalam kenormalan mesin, jika terjadi longgar atau bahkan robek sedikit pun dapat memberikan gamgguin pada performa mesin mio terutama brebet pada saat digas.

  •  Skep karburator

Seperti pada umumnya skep pada karburator ini memiliki cara kerja pada saat motor digas komponen ini kn mengikuti jika motor melaju posisi skep berada diatas / posisi terbuka, dikarenakan komponen ini terus bekerja pada saat motor digunakan maka hal yang terjadi skep menjadi baret dan mulai aus .

  • Filter udara

Pastikan memeriksa ada fulter saringan udara yang berada pada dalam tabung filter, mungkin saja akibat sudah kotor dan oerlu diganti membuat pasokan udara untuk karburator menjadi kurang dikarenakan banyak debu yang membuat filter tersumbat

  •  Choke

Kadang sering terjadi penyebab nya karena hal yang tidak terduga misalnya pada bagian choke yang posisi nya tidak menutup kembali, sebaiknya perika terlebih dahulu dan bersihkan karburator jika mio brebet saat digas.

03 Desember 2022

Penyebab gas motor naik sendiri saat dingin

Kerusakan sepeda motor semacam ini sangatlah berbahaya untuk keselamatan pengendara sepeda motor, dan mungkin sulit untuk perbaikanya dikarenakan gas motor yang naik sendiri disaat dingin, nah gelaja ini biasanya akan muncul pada saat malam hari / saat hujan, jika terjadi semacam ini segeralah usahakan langsung perbaiki ke bengkel yang sudah berpengalaman pada bagian kerusakan seperti ini. 

Penyebab terjadinya gas motor naik sendiri saat dingin ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan seperti : 


  •  Kabel gas


Pada kabel gas ini pun jika tidak dicek dengan teliti pada saat pemasangan nya dapat membuat gas naik sendiri, yang memicu bisasari kesalahan memasang , salah jalur masuk pemasangan kabel gas, kawat kabel gas rusak, kabel gas kering. Jika hanya kabel gas kering itu mudah diatasi dengan cara memasukan bensin agar kotoran keluar dan selanjutnya masukan pelumas agar tarikan gas lancar kembali.

  •  Skep karburator


Skep ini berguna untuk mengatur buka tutup pada bagian karburator, yang seringkali terjadi kerusakan adalah skep baret yang menjadi pemicu adalah karburator kotor kan tetapi motor jarang diservis dan sering membuka dan melepas saringan filter udara.

  • Karburator imitasi


Dalam penggantian karburator perlu waspada, karena bahan pembuatan pada karburator jika kualitas dibawah dari original dapat membuat gas naik sendiri saat dingin.

  • Setelan gas terlalu kencang


Pada saat melakukan servis terjadi keteledoran atau bahkan bisa terjadi kerusakan pada bagian ujung dari setelan gas yang terdapat pada karburator.

  • Choke bocor


Adakalanya periksa bagian kabel dan seal ada bagian choke, karena jika terjadi kebocoran akan terjadi gas motor yang naik sendiri.

  • Intake manifol bocor


Periksalah  bagian paking dan seal pada sambungan intake ke karburator, karena pada bagian ini harus rapat agar tidak terjadi kebocoran proses pembakaran dan kompresi yang keluar.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang penyebab gas naik sendiri saat dingin berdasarkan pengalaman yang saya temui, terima kasih. 


 

Penyebab motor goyang goyang saat pelan

 

Gambar arm tiger

Kenyaman dan keamanan saat dijalan merupakan hal yang wajib diutamakan terutama pada saat perjalanan, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi nya yang salah satunya ialah tentang kelayakan kendaran itu,penting nya perawatan sepeda motor agar tidak terjadi kerusakan yang parah dan dapat membuat pengemudi tidak aman. Maka perlu dilakukan pengecekan dan servis berkala terutama untuk sepeda motor yang setiap hari digunakan. 

Apa Penyebab motor goyang goyang saat kecepatan rendah ?

Hal ini sering terjadi dan seringkali terjadi akan tetapi banyak pengendara motor yang tidak memperdulikan padahal hal ini tergolong berbahaya, adpun tentang kerusakan sparepart yang jika montir kurang teliti sehingga masalah tidak teratasi, misalnya yang rusak bagian mana, malah yang diganti bagian lain. 

Untuk berbagi pengalaman saja tentang penyebab motor goyang goyang saat kecepatan rendah perlu diteliti part berikut ini : 

  • Bearing / laher roda 

Mungkin yang paling pertama dicek saat motor goyang adalah laher roda, cara cek nya cukup mudah hanya dengan cara menghoyang kan roda kekiri dan kekanan.

  • Ban dan velg

Jika sering terkena lobang dijalan dikarenakan tekstur jalan mungkin bisa saja velg sudah tidak senter, akan tetapi jika kondisi ban sudah gundul bisa terjadi dikarenakan ban.

  •  As roda 

Jika as roda sudah aus, hal ini biasa disebabkan karena as terjadi pengaratan dan terkikis oleh laher roda.

  •  Bosh arm / bosh mounting

Hal ini kadang sering diabaikan akan tetapi sering menjadi penyebab motor goyang yaitu bosh arm untuk motor manual, dan bos mounting untuk motor matik.

  •  Komstir 

Pada bagian setir juga bisa menjadi penyebab akan tetapi dapat mudah dicek, dengan cara motor pada posisi standar tengah, lalu maju mundur kan bagian shock depan jika sudah aus maka akan terasa kocak.



Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988