17 September 2022

tips membeli yamaha fizR

 

GAMBAR YAMAHA FIZR


Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminang Yamaha F1ZR

Kabar gembira nih untuk pecinta motor 2 tak yang salah satunya yaitu Yamaha F1ZR yang saat ini mulai banyak diminati kembali dan yang pasti akan menjadi incaran untuk meminang Yamaha F1ZR, terutama para kolektor yang pasti pengen nambahin koleksinya, alhasil ya pasti deh makin banyak yang buru ya harga nya makin naik deh. Menurut saya sih sah sah aja soalnya dulu motor Yamaha F1ZR pernah jadi idola para pemuda dimasanya, ya mungkin aja yang dulu nya punya kenangan indah pengen bernostalgia atau mungkin yang diwaktu itu pernah memimpikan tapi belum kesampean punya dan baru bisa diwujudkan sekarang, “mungkin sih soalnya saya salah satunya hhee”.

      Dikarenakan motor bebek ini tergolong motor yang lumayan berumur tapi kalomasalah  performa sih udah gak diragukan lagi. kalo dibandingin motor keluaran baru gak kalah ganas apalagi kalo tuh motor kondisi nya masih kerawat, tapi kebanyakan yang udah saya temuin ya musti dibenerin lagi sih,  nih ada beberapa masukan buat kalian yang barangkali mau punya yamaha F1ZR .

 

Tips dari saya Bagi yang ingin membeli motor Yamaha F1ZR yang perlu diperhatikan :


1. Berkas kelengkapan kendaraan

     Yang pertama dan paling penting nih, pastiin surat nya lengkap yahh, dan jangan lupa pastiin semua berkas akur ya.


2. cek mesin & jalur kelistrikan

     Cek teliti terutama dibagian mesin sama jalur kelistrikan, biasanya sih kalo kabel bodi masih bawaan nya rata-rata motor belom pernah kesentuh sama tangan-tangan ajaib hhe. Kalo masalah bodi sih piker nanti aja yang diutamain mesin nya dulu.


3.  cek bagian rangk frame

Kaki-kaki dan rangka jangan lupa dicek juga takutnya ada yang gak center atau malah keropos 


4. Budget / harga

     Masalah harga nya yah sesuai dengan budget aja sukur-sukur ya barang bagus harga murah “pengen nya”.

5. Sabar

     Yang terakhir yaitu sabar, kalo belum ada yang cocok ya sabar aja jangan keburu pengen ngegassss , pelan aja asal dapet yang oke.


Mungkin itu saja sih beberapa tips menurut saya pribadi yang harus diperhatikan dalam meminang Yamaha F1ZR semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu, terima kasih.

lampu depan mati tapi tidak putus

 

gambar reflektor

lampu depan merupakan alat penerangan untuk setiap kendaraan yang pasti nya sangatlah berguna terutama disaat malam hari atau dimana saat jalanan gelap, bagaimana jika lampu mati ? yang pasti itu akan merepepot kan dan dapat membahayakan pengendara dan orang lain pada saat diperjalanan dan oleh sebab itu upayakan lampu depan sering dicek dan pastikan dalam keadaan sehat dengan cara melakukan pengecekan pada saat servis kendaraan nya ya. akan tetapi kadang juga lampu depan atau lampu utama sering terjadi kerusakan akibat memang sudah putus ataupun ada kerusakan dibagian lain. kalo yang rusak atau putus lampu nya sih tinggal bawa kebengkel atau ganti sendiri asal sesuai dengan duudukan reflektot nya saja. tetapi ada juga nih kalo lampu nya tidak mati tetapi lampu nya gak mau nyala kerusakan ini sering kali pemilik motor merasa jengkel dikarenakan sudah dikira lampu nya yang putus dan dibelikan baru ehh ternyata masih gak mau nyala juga. 

Berikut adalah hal yang perlu dicek untuk memperbaiki lampu depan mati tapi tidak putus : 

1. cek bagian soket lampu / fiting lampu biasanya bagian timah atau kuningan nya sudah meleleh atau bahkan timah bagian lampu, hal ini bisa diatasi dengan aplas sampai rata sehingga lampu dan fiting menempel kembali. 

2. periksa kabel  dan soket penghubung kabel yang terhubung menuju ke bagian lampu biasanya terjadi putus atau terbakar bahkan kotor.

3. coba cek saklar lampu karena seringkali bagian ini berjamur sehingga arus tidak tersambung bisa dengan disikat atau disemprot dengan cairan pembersih karat.

gambar holder motor

4. cek bagian kiprok dan sepul lampu, pastikan ada arus yang keluar  dengan cara dipecikan ke massa / rangka, dikarenakan sumber arus untuk lampu penerangan berasal dari sepul lampu setelah itu menuju ke kiprok lalu ke saklar. 

berikut adalah 4 hal yang perlu dicek jika terjadi lampu depan mati tetapi lampu tidak putus serta penganan agar lebih mudah, akan tetapi jika masih belum terlalu paham tentang arus kelistrikan harus didampingi dengan yang lebih mengerti atau bisa dibawa ke bengkel yang sudah terpercaya, sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga dapat memberikan manfaat, terima kasih.

baca juga :cara mengatasi tangki bocor / rembes

16 September 2022

warna kabel cdi rc 100

 

kabel body

Cdi merupakan komponen kelistrikan pada cdi motor yang berfungsi untuk menetralkan arus kelistrikan yang dihasilkan oleh sesuk akan tetapi arus tersebut terlalu besar dan tidak stabil, maka arus tersebut akan menjadi terkontrol oleh cdi dan arus tersebut dilanjutkan oleh coil dan seterus nya menuju busi. 

kelistrikan suzuki rc 100 menggunakan arus kelistrikan AC, cdi suzuki rc ini merupakan komponen kelistikan yang sangat simpel dikarenakan cdi suzuki rc hanya memiliki 3 jalur kabel dan dalam penggunaan nya cdi ini tidak menggunakan fulser / sensor yang berguna untuk memberikan komando ke busi dimana saat harus memercikan busi. 

Berikut arti kabel dan penjelasan tentang ketiga kabel cdi rc 100 : 

1. hitam putih > massa( negatif)

biasa dihubungkan ke rangka atau mesin yang memiliki sifat netral dari arus positif.

2. merah garis hitam > input sepul ke cdi (positif)

kabel ini berasal dari bak magnet bagian kiri yang berasal dari sepul pengapian yang berguna untuk memberikan arus pengapian mesin.

3. putih garis biru > coil (positif ) 

kabel ini arus keluar cdi menuju ke coil 

berikut diatas merupakan penjelasan dari kabel cdi rc 100, menurut kami cdi rc 100 ini sangatlah simoel sekali karena hanya memiliki 3 abel saja, dan cdi ini bisa juga dipasangkan ke motor lain nih bro, misal nya untuk tornado, crystal, alfa , rx king, rx spesial, gl 100 , c70, dll yang penting sepul mesin berjenis AC, cara ini juga bisa untuk mengganti jalur kelistrikan yang masih menggunakan platina tanpa harus banyak merubah komponen asli dan masih bisa dikembalikan seperti semua jika di inginkan, dan satu hal lagi cdi rc 100 ini banyak berguna misal seperti yang masih saya gunakan cara nya pada saat touring bisa dipake buat amtisipasi jika terjadi kerusakan pada bagian fulser atau bahkan cdi mati dijalan tetpai yang perlu diingat hanya untuk arus sepul berjenis AC ya.

 sekian yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini semoga bermanfat, terima kasih.

baca juga : cara membuat rc 100 kencng

14 September 2022

cara membuat rc 100 kencang

 

gambar suzuki rc 100

          Suzuki rc 100 merupakan motor bebek keluaran suzuki dengan mesin 2 tak yang mungkin banyak teman teman yang familiar dengan motor ini dikarenakan pada era nya tahun 90.an motor suzuki rc ini menjasdi idola dikarenakan hemat bahan bakar dan lebih ringan dan bertenaga dibanding dengan motor sekelas nya. motor rc 100 ini menggunakan diamter piston dengan ukuran 52,5 dengan kapasitas 99cc pada saat kondisi mesin dalam kondisi normal suzuki rc 100 ini dapat mencapai 100 km/j akan tetapi untuk saat ini mungkin akan sulit untuk mencapai kecepatan tersebut dikarenakan keadaan mesin yang sudah cukup tua. 

seiring berkembang nya jaman dan teknologi yang semakin maju tidaklah sulit untuk merestorasi atau bahkan memodifikasi suzuki rc 100 agar dapat melaju kencang seperti saat kondisi baru atau bahkan bisa melebihi itu. 

Terus gmna sih cara nya membuat rc 100 kencang ? 

          Ada beberapa cara untuk membuat rc 100 dapat kencang tergantung selera pemilik saja misalkan ada yang ini ngin rc 100 nya masih punya performa yang masih bertenaga tetapi tetatp menggunakan komponen part asli dari rc dan adapun mengganti dengan mengoplos atau cangkok sparepart motor lain seperti hal nya pasrt milik satria 2t. akan tetapi modifikasi ini terlalu banyak resijo dan memakan biasa dan banyak membutuhkan waktu untuk meriset nya tapi tidak dbisa dipungkiri jika sudah jadi akan membuat kepuasan tersendiri. akan tetapi pada pembahasan kali ini, kami ingin membahsa tentang cara membuat rc 100 kencang tetapi masih menggunaakan part suzuki rc jadi tidak terlalu extrim dan tetap nyaman buat harian. 

Berikut cara membuat rc 100 kencang : 

1. bore up 

pada bagian piston agar rc 100 ganti dengan piston milik suzuki gs tornado yang memiliki diamter 

54 mm dan rubah pada bagian head untuk disesuaikan bagian squish nya atau bia juga jika gak mau ribet dan ada budget yang cukup langsung pakai blok head milik suzuki gs, dan jika masih kurang puas bisa sekalian ganti kruk as / bandul milik gs tornado ya nanti si rc 100 akan berubah menjadi 110cc.

2. porting

hal yang satu ini sudah pasti dan akrab jika ingin motor lebih kencang dengan dari asli nya dengan cara membesarkan lobang pada blok / buring piston akan tetapi dalam memporting jangan asal harus dilakukan dengan yang sudah berpengalaman ya.

3. karburator

rubah bagian karburator dengan yang berdiamter agak besar atau bisa juga melakukan reamer.

4. kopling

biar tambah nyaman dan lebih ringan untuk sektor kopling dibuat manual yaitu kopling tangan, bisa beli atau buat ke tukang bubut yang berpengalaman dalam pembuatan kopling manual.

5. knalpot

bagian ini sering disepelekn akan tetapi sngat berpengaruh dikarenakan banyak oli yang mengendap hingga membuat penyumbatan pada lubang knalpot, bisa diganti dengan knalpot rascing maupun original nya akan tetapi dipersihkan dengan cara dibakar ataupun dengan cara lain.

berikut diatas adalah  5 cara yang cukup mudah untuk membuat rc 100 kencang semoga dari apa yang kami tulis di artikel ini dapat memberikan manfaat, sekian dari saya, terima kasih.

.

warna jalur kiprok ninja r gepeng

 sepeda motor memiliki arus jalur kelistrikan sesuai dengan kebutuhan mesin dan komponen pendukung lain nya seperti hal nya lampu, klakson spedometer dll. diantara sekian banyak nya kabel tersebut dapat dimengerti fungsi nya berdasarkan warna dari kabel tersebut. dari sekian warna kabel tersebut memiliki arah yang paralel dari mulai sepul hingga ke pengapian untuk membuat mesin motor itu menyala, bisa dikatakan untuk memahami nya memang susah susah gampang. arus kelistrikan motor terbagi menjadi dua macam yaitu ac dan dc, dapat dicontohkan pada sepeda motor kawasaki ninja r untuk keluaran lama menggunakan kelistrikan ac dan ninja r  new menggunakan kelistrikan dc. 

cara sistem kerja nya dapat disimpulkan kelistrikan sepesa motor itu berasan dari spul, seterusnya diarahkan ke cdi dan kiprok, cdi untuk menuju memberikan asupan kelistrikan mesin, dan yang ke kiprok untuk memberikan arus penerangan dan pengisian untuk aki, pada kawasaki ninja dengan pengapian ac maupun dc tetap menggunakan kiprok, fungsi dari kiprok / regulator ini sebagai penetral tegangan yang dihasilkan dari sepul yang terlalu besar, jadi bisa dikatkan jika lampu sepeda motor mudah putus kimprok ini salahg satu penyebab nya. kiprok kawasaki ninja r ini memiliki kabel berjumlah 4 dan memiliki warna yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan diatas jika berbeda warna kabel berati arus kelistrikan nya berbeda juga, jadi perlu ketelitian jika mengganti atau memperbaiki kabel soket kiprok ini agar tidak terjadi konlset dan kerusakan kiprok diakrenakan harga kiprok ninja r ini lumayan mahal kalau menerut saya. 

Untuk mempermudah pemasangan kabel kiprok ninja r lama / soket gepeng beserta warna kabel dapat dilihat pada gambar dibawah : 

 

 

 

1

2

3

4


blok hitam  (arah pin soket)

1. kuning > lampu 
2.hitam setrip kuning > massa 
3. biru setrip putih > aki
4. putih setrip hitam > input dari sepul

jadi itulah gambar soket kiprok ninja r gepeng atau old sesuai dengan warna dan arus kelistrikan nya, semoga dapat membantu teman teman jika sedang mengalami maslah dalam perbaikan kiprok ninja r, demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, terima kasih.

13 September 2022

motor mio sering mati

           Sepeda motor saat ini menjadi kendaraan yang sangat diminati terutama di indonesia, selain harga yang terjangkau dan pemeliharaan nya yang tergolong murah untuk motor kelas harian selain itu kita dipermudah untuk bepergian dengan cepat dan tidak menghabiskan biaya dan waktu yang banyak untuk sampai ke tujuan. sepeda motor yang rata rata banyak beredar adalah motor manual dan matik, soal motor matik yang diproduksi oleh merk terkenal yamaha pasti tidak asng lagi dengan yang nama nya yamaha mio. yamaha mio ini sangat digemari entah dari kalangan muda sampai yang dewasa dikarena kan modl yang cukup bagus, akan tetapi generasi mio ini sedikit tidak ramah dalam hal bahan bakar ketimbang motor manual khusus nya motor bebek. 
           Akan tetapi yamaha mio ini tidak jarang sering memiliki masalah mesin dikarenakan kurang nya perawatan maupun dikarenakan umur sepeda motor matik ini, alhasil pemilik motor akan merasa tidak nyaman memakai sepeda motor jika motor tersebut tiba tiba mesin mati dijalan seperti yang sering dialami pengguna sepeda motor terutama yang sudah berumur yang salah satunya adalah yamaha mio.

 Masalah yang menyebabkan yamaha mio sering mati dijalan : 


> yang paling sering terjadi terutama untuk mio old yaitu bagian karburator, biasanya pada karet vakum sudah pecah atau sobek. 
> bagian manipol sudah sobek pecah perlu dicek juga ya 
> keran bensin ototmatis, dikarenakan lama kelmaan jika komponen ini sudah mulai rusak saat mesin nyala dan bahan bakar tidak mau turu ke karburator.
> jika mesin pada saat dingin menyala normal tetapi mesin mulai panas mesin mati tetapi pengapian di busi masih nyala, coba cek bagian fulser magnet 
> jika semua dalam kondisi normal dapat dipastikan kondisi klep ataupun boshing klep sudah mengalami aus atau terjadi kompresi bocor, masalah yang yang sering ditemui di yamaha mio dan sulit terdeteksi adalah yang satu ini, jadi perlu kesabaaran ya kalo servis motor lawas. 

klep yamaha mio


beberapa maslaah yang terjadi pada yamha mio yang sering terjadi dan pernah pribadi kami temui adalah berikut, jika teman teman menemukan maslaah yang sama bisa dicoba atau pun bisa dibawa ke bengkel yang sudah terpercaya ya agar masalah yang terjadi pada yamaha mio nya cepat teratasi, sekian yang saya dapat sampaikan melalui artikel ini dan semoga bermanfaat, terima kasih.

warna kabel kiprok ninja r

           Ninja r adalah salah satu produk keluaran kawasaki menggunakan mesin 2 strike atau biasa disebut dengan msin 2 tak, produk kawasaki ninja ini dari termasuk sepeda motor yang banyak diminati terutama untuk kaum muda yang suka dengan kecepatan karena motor ini memang didesain sport. ninja r ini pada keluaran pertama nya menggunakan sistem super kis, dan dilanjut penyempurnaan kembali dengan mengusung teknologi super kips, dalam sektor mesin dan body tidak dilakukan perubahan yang sangat jauh, tetapi dalam sistem kelistrikan menggunakan sistem ac untuk ninja old, dan ninja new menggunakan kelistrikan dc. keberulan yang akan kita bahas saat ini adalah tentang jalur kiprok untuk ninja r, ninja r ini termasuk lumayan rumit dikarenakan dalam pengapian yang bersal dari sepul menggunakan arus dc akan tetapi dalam kelistrikan menggunakan kiprok halwave, dan satu hal lagi kiprok yang ada pada ninja tidak bisa dipakai atau diakali dengan kiprok motor lain misal honda atau yamaha ya walaupun bentuk kiprok itu hampir mirip. kenapa bisa gitu ? sepengetahuan saya cdi ninja itu memiliki limiter / batasan arus yang dipasok dari kiprok menuju cdi . 
          Jadi inti nya jika diberikan kiprok dari motor lain seperti yamaha atau honda arus yang diterima cdi akan terlalu besar dan melebihi kebutuhan arus untuk dipasok ke cdi, jika dipaksakan maka akan merusak komponen aki dan dilanjutkan ke cdi itu sendiri.jadi kiprok nya jangan sampe salah beli atau dipaksakan dengan motor lain dan yang sering kita jumpai jika soket kiprok sudah pernah diputus atau disambung sering terjadi kesalahan dalam pemasangan nya. maka akan kami berikan contoh warna kabel kiprok nija r.

Berikut adalah warna kabel kiprok ninja serta penjelasan nya : 


 

   1

    2

   4

   3

 





blok hitam (arah pin soket )


1. hitam strip kuning > massa ( negatif )

arus ini berfungsi untu memberikan arus negatif  yang berpusat pada mesin atau seluruh rangka motor.

2. biru strip putih > aki (positif)

arus ini menuju ke aki yang berguna untuk melakukan penghisian ulang arus aki.

3. putih strip hitam > input spull (positif )

arus input sepul adalah arus masuk ke kiprok yang bersumber dari sepul yang terletak pada bagian bak kiri atau bak magnet.

4. kuning > lampu (positif )

arus ini berfungsi untuk memberikan arus lampu yang lebih tepat nya untuk mengaliri arus untuk lampu depan dll. 

berikut diatas merupakan warna kabel kiprok ninja beserta dengan penjelasan nya tsemoga dapat memberikan informasi dan brmanfaat untuk kita semua. terima kasih.

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988