28 September 2022

jalur kabel kiprok suzuki spin

 JALUR KABEL KIPROK SUZUKI SPIN

             Perlu terlebih dahulu diketahui suzuki spin merupakan motor matic yang di produksi bisa dikatakan pendahulu dari suzuki skywave, skydrive, hayate dll seterus nya. suzuki spin sudah dibekali dengan cc yang lumayan besar jika dibanding dengan lawan dikelas nya pada era itu. akan tetapi produk matic keluaran suzuki ini menggunakan mesin yang tidak jauh berbeda spesifikasi nya begitu pula dengan sistem kelistrikan nya, yang masih sama adalah salah satunya pada bagian kiprok. 

              kiprok ini berfungsi untuk mengatur setiap arus kelistrikan yang dihasilkan oleh sepul agar tetap stabil dikarenakan perlu arus yang stabil agar tidak membuat lampu maupun kabel cepat rusak maupun terbakar, akan tetapi tidak jarang setiap kendaraan bermotor yang sering digunakan sehari hari pasti terjadi kerusakan pada kiprok atau kabel terbakar akibat terjadinya konslet. jika kabel yang untuk menghubungkan ari sepul menuju kiprok konslet yang terjadi perlu dilakukan penggantian kabel nya agar kerusakan tidak bertambah maka perlu ketilitian dalam penyambungan kabel kiprok agar tidak terjadi konslet akibat salah pemasangan nya, berikut dibawah merupakan ilustrasi jalur kabel kiprok suzuki spin berserta dengan penjelasan nya.


 

   2

    1

   3

    4

 

 

 

Blok hitam ( arah pin soket )


Jalur kabel Kiprok suzuki spin:

1. Putih garis merah (positif ) pengisian aki

kabel ini terhubung dari sepul pengisian untuk aki yang befungsi untuk mengisi ulang arus kelistrikan agar kebutuhan untuk lampu terpenuhi.

2. Hitam garis  putih (negatif) ground
arus negatif atau massa biasanya berpusat pada mesin ataupun rangka sepeda motor merupakan arus negatif/ ground

3. Kuning (positif) spul lampu 

arus yang berfungsi untuk membuat lampu depan menyala akan tetapi susah dinetralkan arus nya oleh kiprok agar diberikan pembatas arus dan tidak terjadi pemborosan lampu akibat arus terlalu besar. 

4. Merah  (positif) aki

arus ini sebagai jalur keluar menuju ke aki, alur nya yaitu kabel pada poin 1 yaitu pengisian aki itu adalah arus masuk dan arus keluar langsung menuju ke aki untuk memberikan arus pengisian aki.

berikut diatas merupakan jalur kabel kiprok suzuki spin serta keterangan warna dan penjelasan nya, semoga dapat membantu mempermudah jikaa teman teman sedang mengalami kerusakan pada sepeda motor suzuki terutama pada bagian kiprok, demikian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini, terima kasih. 

baca juga : cara membuat tarikan gas matic enteng

27 September 2022

cara setel oli samping ninja rr

cara setel pompa oli samping ninja rr

pada saat menyetel oli samping bukan lah hal yang sulit akan tetapi perlu menentyuka berapa takaran yang pas agar agar nyamanan saat motor ninja rr dikendarai. sebab nya knapa ? sebeb nya jika oli samping terlalu boros dapat membuat busi basah terkena oli samping dan menjadikan busi sering mati lebih cepat, dan sebalik nya jika terlalu irit oli samping ini dapat merusak mesin dan bahkan berbahaya untuk pengemudi nya dikarenakan piston dapat mendadak overheat saat putaran tinggi dan konsumsi oli samping kurang, maka perlu setelan yang pas ya sobat. 

berikut merupakan tips dari saya saat menteyel oli samping ninja rr : 

> yang pertama mengetahui dimana letak pompa oli samping ninja rr, yaitu dibagian dalam cover rantai, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah melepas cover pelindung tutup rantai dulu.


cara setel oli samping ninja r

> jika sudah terlepeas seperti gambar diatas, lalu lepaskan pelindung pompa oli samping yang terletak pada bagian atas gear depan dengan obeng plus. 


> jika sudah terlepas bagian pelindung nya makan akan terlihat pompa oli samping ninja rr, cara menyetel nya cukup mudah yaitu : tarika bagian gas sampe mentok dan posisi pompa oli berada dalam posisi seperti gambar dibawah / posisi kode garis pasa bulatan pompa sejajar dengan garis yang sebelah nya . 


cara setel oli samping ninja r

> untuk memposisikan dengan pas dengan cara mengencangkan baut yang terletak pada bagian atas bak atau bisa dilihat dengan gambar yang sudah ditampilkan ( pastikan saat posisi haris bertemu garis posisi tarikan gas di posisi full ya) 


cara setel oli samping ninja r


nah itulah cara untuk setel pompa oli samping ninja rr, gak begitu sulit kan, dan satu catatan ini untuk posisi standar ya setelan nya, jika ingin sedikit boros bisa sedikit geser keatas agar mesin lebih awet jika motor sering menggunakan rpm tinggi, sekian yang dapat saya sampaikan tentang cara setel oli samping ninja rr yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, terima kasih.

cara setting oli samping rc 100

oli samping untuk motor 2 tak

oli samping sangatlah penting dalam penggunaan motor 2tak setiap pengguna motor 2 tak pasti sangat mengetahui apa itu oli samping ? fungsi nya buat apa ? gimana gunain nya ? yang pasrtinya pastikan motor 2 tak saat digunakan menggunakan oli samping yah, entah oli nya pisah atau dicampur dengan bensin biar gak overheat piston nya. kalo bawaan pabrikan awal nya pasti oli samping nya pisah, oli samping nya itu diatur keluar nya boros maupun irit pada bagian pompa oli. 

cara stel pompa oli samping suzuki rc 100 


> sebelum melakukan penyetelan pompa oli pada rc 100 yang harus diketahui adalah letak dmna pompa oli nya dulu, kan percuma mau nyetel tapi belum tau dmna pompa nya. hehe pompa oli samping suzuki rc teletak pada bagian kiri cover rantai, jadi perlu dicopot dulu.

cara setting oli samping rc 100

> lepas pedal pressneleng dan cover rantai bagian depan dan belakang dulu biar lebih mudah nyetel pompa oli nya ya. 

cara setting oli samping rc 100


> perhatikan gambar diatas, pada bawah pompa oli ada bagian 3 titik di bulatan pompa, pastikan posisi gas tidak ketarik ya, jika posisi seeprti difoto pada bagian titik yang paten bagian bawah bertemu dengan titik di bulatan pompa oli yang pertama berati pompa oli irit atau standar. jika ingin ingin sedikit lebih boros tinggal sesuaikan pada titik temu yang ke 2 maupun 3 , untuk saran saja lebih baik jika berada di posisi sedang apalagi piston sudah oversize. 


> jika sudah dipahami tinggal memposisikan dititik yang di inginkan pada setelan oli samping nya irit, sedang atau boros. tinggal naikan atau turunkan baut kabel gas seperti difoto sesuai dengan patokan setelan yang sudah ada seperti digambar ke 2 .


cara setting oli samping rc 100

berikut cara setting oli samping rc 100 dengan mudah & pas karena jika terlalu irirt akan merusak mesin dan terlalu boros akan membuat busi sering mati, semoga informasi diatas yang saya berikan dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi seputar dunia otomotif, sekian artikel yang dapat saya sampaikan, terima kasih. 

baca juga : cara agar gas motor matic enteng

26 September 2022

cara agar tarikan gas motor matic enteng

 

gambar saklar motor


           Motor matic diindonesia menjadi motor yang sangat digemari, cara menggunakan nya juga sangat mudah bisa dikatakan hampir semua orang bisa mengendarai nya asal bisa menyeimbangkan badan ya pasti bisa pake matic, cuma perlu belajar gas dan rem aja, jelas memudahklan pengguna nya kan. 
pada saat ini juga setiap pabrikan sepeda motor hampir semua memproduksi motor model matic entah dengan kapasitas dari kecil hingga cc besar. 
akan tetapi yang namanya motor kalo sering digunakan ya perlu servis dan perawatan juga kan, soalnya kalo tidak diservis dapat membahayakan pengguna nya juga, salah satu komponen yang terus dipakai saat motor digunakan dan riskan dari kerusakan yaitu pada bagian gas. bagian gas ini sering terjadi gas berat, gas ngnci dan bisa memicu sampai gas nya putus. berikut kami akan memberikan tips tentang pembersihan gas motor matick agar enteng. 

Cara agar tarikan gas motor matic enteng : 


1. Lepas bagian selongsong gas, bersihkan bagian dalam dan berikan pelumas dan jika bagian setang berkarat amplas terlebih dahulu. 


2. Berishkan kabel gas dengan cara lepas jika perlu, usahalan masukan bensin pada bagian dalam agar karat dapat keluar, dan jika bersih masukan pelumas atau oli.


3. Bersihkan karburator terutama bagian skep, biasanya ini membuat gas berat jika karburator nya kotor.


4. Setting ukuran kekencangan gas yang terletak pada bagian ujung kabel gas bisanya berbentuk ulis drat. 


 Berikut diatas adalah 4 cara agar tarikan gas motor matic enteng, jika gas terasa lebih ringan juga akan menambah ken nyamanan dan keamanan pengendara nya maka perlu dilakukan perwatan pada sepeda motor kesayangan nya ya. semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan dan trik perbaikan sepeda motor, terima kasih. 

25 September 2022

4 penyebab motor susah hidup di pagi hari

 

ga,bar klep motor

            Pada saat pagi hari merupakan dimana awal dari semua kegiatan dimulai, dan saati itu banyak orang sedang terburu buru bagaimana jika saat pagi hari motor yang digunakan untuk beraktifitas entah bekerja atau keperluan lain akan tetapi motor kita malah susah hidup ? yang pasti sangat menyebalkan jika terjadi seperti itu, namun jika motor terjadi susah hidup adakalanya perhatikan Sparepart yang biasanya terjadi kerusakan, hal ini juga perlu untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi motor susah hidup dipagi hari.

Berikut adalah 4 penyebab motor susah hidup di pagi hari : 

1. karburator 
hal ini yang paling sering terjadi pada motor yang seringkali terjadi pada motor yang jarang servis seperti karbu kotor, kemasukan air, atau banjir. cacara penaggulangan nya yang paling mudah adalah dengan menarik choke yang ada pada motor. 

2. busi
busi yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi pemicu kerusakan dikarenakan api yang dipercikan terlalu lemah dan kecil, akan tetapi jika busi sering mati padahal masih baru dapat disebabkan oleh settingan motor yang terlalu boros atau bisa juga disebabkan banjir nya karburator hingga bahan bakar masuk ke ruang bakar. 


3. klep
motor yang sehari hari digunakan tetapi tidak rutin dalam servis bisa terjadi kerukan pada katup klep dan terjadi kerenggangan celah klep akibat akan tetapi masih bisa disetting klep agar lebih rapat jika masih belum terlalu parah, jika terlalu parah perlu sekir klep. 


4. aki
ada beberapa motor terutama yang berarus DC jika aki tekor atau bahkan lemah, motor akan sulit menyala bahkan tidak bisa menyala, hal ini dikarenakan arus kelistrikan motor ini diperlukan penertal tegangan dengan bantuan aki, hal ini mungkin sering disepelekan akan tetapi sangatlah penting. 


berikut diatas adalah 4 penyebab motor susah hidup dipagi hari menurut kami yang sering ditemui permasalahan nya, semoga dengan tulisan ini dapat membantu teman teman jika mengalami nya, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini. terima kasih.

baca juga : penyebab rem motor bunyi

24 September 2022

tiger modifikasi herex

 


modifikasi honda tiger ada banyak hal ide dikarenakan motor keluaran honda ini sudah menggendong mesin 200cc yang tergolong besar jadi udah gak diragukan lagi kalo soal performa nya. yang terpenting dalam modifikasi yang perlu diutamakan adalah faktor dari kenyamanan dan keselamatan aja sih, jadi jika motor ini buat harian perlu pikir pikir dulu  ya sobat jika ingin merubah setiap komponen yang terllau ekstrim. 

apa aja sih yang perlu dirubah kalo buat tiger modifikasi herex ? 

> pada umum nya modifikasi ini yang jelas pada sektor mesin nya sih biasanya perlu bore up pada bagian kruk as , piston , noken as, klep dll tergantung dengan settingan bengkel yang udah kalian percaya.


> pada bagian kaki kaki hmmm yang sering kliatan mencolok adalaha bagian shok depan pake ninja r tapi kembali lagi tergantung selera sih.


> kalo ingin terlihat bersih untuk bagian mesin bisa chrom, poles, sanblas ataupun vaporblasting agar terlihat rapi motor nya. 

tiger modifikasi herex


singkat nya dalam tiger modifikasi herex seperti berikut akan tetapi sesuaikan dengan selera dan kenyamanan aja sih dan jangan lupa tetap sefeyty dalam berkendara ya, sekian artikel tentang tiger modifikasi herex yang dapat saya tuliskan jika banyak kekurangan kami mohon maaf, terima kasih 

baca juga modifikasi cb 100

cb 100 modifikasi

          Modifikasi honda 100 kini sangat populer dikalangan pecinta modifikasi motor clasic. hingga saat ini motor motor clasic sering bersliweran dijalan yang populasi nya makin lama makin banyak, ya memang memodifikasi motor clasic mempunyai kesan tersendiri terutama honda cb 100 dikarenakan dalam spesifikasi untuk bahan modif nya sangat luas atau bisa bahkan hampir keseluruhan part dari motor lain selalu digunakan, alhasil ngak bisa bosen deh kalo tunggangan ingin lebih nyaman atau penegn lebih kenceng bisa coba bore up ataupun merubah bagian bodi dan kaki kaki misal dengan mengganti shock depan milik motor ninja r yang saat ini kebanyakan digunakan untuk modifikasi honda cb 100 biar makin nyaman saat buat perjalan. tapi part yang ingin dirubah tergantung dengan selera aja sih dan yang terpenting menyesuaikan kebutuhan dan yang paling penting isi dompet. hehe 

 Berikut foto modifikasi cb 100


cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

 sekian yang dapat saya sampaikan semoga dapat memebrikan inspirasi buat teman teman yang sedang cari ide modifikasi cb 100 nya tetapi jangan pernah lupa saat modifikasi motor kesayangan nya ya yang terpenting tetap menjaga persaudaraan sesama bikers dan tetap safety dalam berkendara, semoga artikle ini dapat memberikan manfaat dan menambah informasi tentang dunia otomotif. terima kasih

baca juga : cara setting klep tiger 

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988