05 Desember 2022

Mio brebet saat digas : pahami penyebab

         Mio merupakan motor matic keluaran yamaha yang bisa dibilang sebagai awal mulai diminatinya motor matic hingga pada saat ini, karena mudah digunakan untuk semua kalangan dan jika diperlukan untuk membawa barang dapat muat banyak. Tapi berbeda dengan motor matic keluaran sekarang yang sudah memakai teknologi injeksi, yamaha mio masih menggunakan karburator yang tidak dipungkiri bbm terasa lebih boros, akan tetapi kekuatan mesin nya masih sangatlah kokoh hingga saat ini, jadi tidak sedikit yang masih menggunakan yamaha mio entah untuk koleksi maupun untuk nostalgia ataupun digunakan sehari - hari. 


          Akan tetapi yang namanya kendaraan jika sudah lama dipakai pasti akan bada keluhan yang terjadi, misalnya yang paling sering terjadi kerusakan yaitu mio brebet saat digas, hal ini terjadi misalnya pada saat motor mio langsam lalu posisi gas ditarik sedikit maka terjadi brebet jika gas semakin dalam brebet akan hilang. Hal ini bisa membuat pembakaran akan semakin boros bahan bakar dan juga boros busi yang bisa mengakibatkan motor tiba - tiba mati dijalan.

Beberapa hal yang dapat menyebab kan mio brebet saat digas :

  •  Karet skep karburator 

Karet pada bagian atas skep ini sangat berpengaruh dalam kenormalan mesin, jika terjadi longgar atau bahkan robek sedikit pun dapat memberikan gamgguin pada performa mesin mio terutama brebet pada saat digas.

  •  Skep karburator

Seperti pada umumnya skep pada karburator ini memiliki cara kerja pada saat motor digas komponen ini kn mengikuti jika motor melaju posisi skep berada diatas / posisi terbuka, dikarenakan komponen ini terus bekerja pada saat motor digunakan maka hal yang terjadi skep menjadi baret dan mulai aus .

  • Filter udara

Pastikan memeriksa ada fulter saringan udara yang berada pada dalam tabung filter, mungkin saja akibat sudah kotor dan oerlu diganti membuat pasokan udara untuk karburator menjadi kurang dikarenakan banyak debu yang membuat filter tersumbat

  •  Choke

Kadang sering terjadi penyebab nya karena hal yang tidak terduga misalnya pada bagian choke yang posisi nya tidak menutup kembali, sebaiknya perika terlebih dahulu dan bersihkan karburator jika mio brebet saat digas.

03 Desember 2022

Penyebab gas motor naik sendiri saat dingin

Kerusakan sepeda motor semacam ini sangatlah berbahaya untuk keselamatan pengendara sepeda motor, dan mungkin sulit untuk perbaikanya dikarenakan gas motor yang naik sendiri disaat dingin, nah gelaja ini biasanya akan muncul pada saat malam hari / saat hujan, jika terjadi semacam ini segeralah usahakan langsung perbaiki ke bengkel yang sudah berpengalaman pada bagian kerusakan seperti ini. 

Penyebab terjadinya gas motor naik sendiri saat dingin ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan seperti : 


  •  Kabel gas


Pada kabel gas ini pun jika tidak dicek dengan teliti pada saat pemasangan nya dapat membuat gas naik sendiri, yang memicu bisasari kesalahan memasang , salah jalur masuk pemasangan kabel gas, kawat kabel gas rusak, kabel gas kering. Jika hanya kabel gas kering itu mudah diatasi dengan cara memasukan bensin agar kotoran keluar dan selanjutnya masukan pelumas agar tarikan gas lancar kembali.

  •  Skep karburator


Skep ini berguna untuk mengatur buka tutup pada bagian karburator, yang seringkali terjadi kerusakan adalah skep baret yang menjadi pemicu adalah karburator kotor kan tetapi motor jarang diservis dan sering membuka dan melepas saringan filter udara.

  • Karburator imitasi


Dalam penggantian karburator perlu waspada, karena bahan pembuatan pada karburator jika kualitas dibawah dari original dapat membuat gas naik sendiri saat dingin.

  • Setelan gas terlalu kencang


Pada saat melakukan servis terjadi keteledoran atau bahkan bisa terjadi kerusakan pada bagian ujung dari setelan gas yang terdapat pada karburator.

  • Choke bocor


Adakalanya periksa bagian kabel dan seal ada bagian choke, karena jika terjadi kebocoran akan terjadi gas motor yang naik sendiri.

  • Intake manifol bocor


Periksalah  bagian paking dan seal pada sambungan intake ke karburator, karena pada bagian ini harus rapat agar tidak terjadi kebocoran proses pembakaran dan kompresi yang keluar.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang penyebab gas naik sendiri saat dingin berdasarkan pengalaman yang saya temui, terima kasih. 


 

Penyebab motor goyang goyang saat pelan

 

Gambar arm tiger

Kenyaman dan keamanan saat dijalan merupakan hal yang wajib diutamakan terutama pada saat perjalanan, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi nya yang salah satunya ialah tentang kelayakan kendaran itu,penting nya perawatan sepeda motor agar tidak terjadi kerusakan yang parah dan dapat membuat pengemudi tidak aman. Maka perlu dilakukan pengecekan dan servis berkala terutama untuk sepeda motor yang setiap hari digunakan. 

Apa Penyebab motor goyang goyang saat kecepatan rendah ?

Hal ini sering terjadi dan seringkali terjadi akan tetapi banyak pengendara motor yang tidak memperdulikan padahal hal ini tergolong berbahaya, adpun tentang kerusakan sparepart yang jika montir kurang teliti sehingga masalah tidak teratasi, misalnya yang rusak bagian mana, malah yang diganti bagian lain. 

Untuk berbagi pengalaman saja tentang penyebab motor goyang goyang saat kecepatan rendah perlu diteliti part berikut ini : 

  • Bearing / laher roda 

Mungkin yang paling pertama dicek saat motor goyang adalah laher roda, cara cek nya cukup mudah hanya dengan cara menghoyang kan roda kekiri dan kekanan.

  • Ban dan velg

Jika sering terkena lobang dijalan dikarenakan tekstur jalan mungkin bisa saja velg sudah tidak senter, akan tetapi jika kondisi ban sudah gundul bisa terjadi dikarenakan ban.

  •  As roda 

Jika as roda sudah aus, hal ini biasa disebabkan karena as terjadi pengaratan dan terkikis oleh laher roda.

  •  Bosh arm / bosh mounting

Hal ini kadang sering diabaikan akan tetapi sering menjadi penyebab motor goyang yaitu bosh arm untuk motor manual, dan bos mounting untuk motor matik.

  •  Komstir 

Pada bagian setir juga bisa menjadi penyebab akan tetapi dapat mudah dicek, dengan cara motor pada posisi standar tengah, lalu maju mundur kan bagian shock depan jika sudah aus maka akan terasa kocak.



30 November 2022

Cara merawat chrome motor

 

Gambar foodstep belakang fizr

        Membuat penampilan pada motor kesayangan agar terlihat mewah dan bersih biasanya para pecinta modifikasi memilih untuk melapisi bagian komponen motor dengan chrome agar terlihat cling. Akan tetapi biaya untuk chrome terlibalang lumayan jika untuk full kaki -kaki sepeda motor. 

        Perlu perawatan pada part yang di chrome agar tetap awet dan mengkilat, karena jika tidak dirawat chrome akan menguning, mengelupas dan kusam.

Berikut cara merawat chrome motor :

1. Pastikan jika motor terkena air hujan secepat nya cuci atau bilas motor.

2. Gosok dengan baby oil/ pasta gigi agar chrome mengkilat kembali jika sudah kusam.

3. Untuk beberapa bulan sekali berikan obat chrome yang sering dan mudah ditemui misal nya braso.

4. Jangan sembarang menggunakan sabun saat mencuci motor.

Berikut beberapa cara untuk merawat chrome sepeda motor agar tetap awet. Sekian yang dapat saya bagikan semoga dapat memberikan manfaat. Terima kasih.


24 November 2022

Mengatasi gear belakang motor goyang

     Rantai sepeda motor bersuara berisik ternyata merupakan salah satu tanda bahwa gear belakang sudah mulai aus, kendala ini sering ditemukan padahal usia rantai dan gear belakang belum terlalu lama yang pada umumnya belum waktunya harus ganti. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi ? Sebenarnya ada banyak hal yang memicu terjadi nya kerusakan pada gear belakang motor goyang.

Penyebab gear belakang motor goyang :

  • Bosh swing arm oblak
  • Settingan roda belakang miring
  • Karet tromol kocak

Sebenarnya untuk mengantisipasi kerusakan gear motor bisa dengan melakukan servis rutin dan pengecekan dari part dari hal yang dapat memicu kerusakan nya, karena jika terjadi kerusakan pada bagian lain dapat menjalar ke kerusakan lainya.

Cara mengatasi jika gear belakang motor goyang :

  • Mengganjal karet tromol dengan karet ban bekas agar posisi gear kencang jika perlu ganti baru.
  • Ganti bearing adaptor/ nap gear
  • Pastikan rantai dalam posisi tidak kendor.
  • Seting roda belakang dengan presisi

22 November 2022

penyebab suzuki rc 100 susah hidup

 

gambar suzuki rc 100

suzuki rc 100 pada era nya termasuk sepeda motor idola untuk motor keluarga pada saat itu dikarenakan desain yang menarik dan juga mesin yang bandel dan kuat. pada saat ini pasti ada kebanyakan orang yang ingin bernostalgia dengan suzuki rc 100 karena memiliki banyak kenangan dengan sepeda motor ini dan mulai ingin membeli kembali lagi entah akan digunakan untuk koleksi atau buat jalan - jalan.

namun tidak bisa dipungkiri untuk umur motor ini sudah 20 tahun pasti akan terjadi kerusakan apalagi kondisi motor jarang diservis, yang banyak ditemui terutama pada kondisi bahan yaitu kerusakan pada bagian kelistrikan dan mesin, perlu kesabaran yang extra dalam merestorasi sepeda motor dan juga diimbangi biaya yang lumayan ditambah lagi terbatas nya sparepart suku cadang nya.

jika terjadi kerusakan pada mesin yang ditandai dengan mesin kasar dan sulit nya mesin pada saat dihidupkan, berikut adalah penyebab suzuki rc 100 susah hidup

1. keran otomatis bahan bakar yang kadang telat terbuka dikarenakan kotoran yang terdapat pada tangki bahan bakar dan mengakibatkan penyumbatan. 

2. karburator kotor dan terjadi banjir, perlu servis untuk membersihkan dan jika diperlukan pergantian repairkit karburator. 

3. seal kruk as yang bocor dan mengakibatkan oli mesin ikut masuk ke ruang bakar alhasil busi me njadi hitam dan basah, hal ini membuat umur busi menjadi pendek.

4. kebocoran pada membran / valve yang terdapat pada bawah maniful intake karburator sehingga bahan bakar banyak yang terbuang.

5. sepul pengapian. hal ini biasanya terjadi jika motor suzuki rc 100 terlalu lama tidak dipakai yang ditandai dengan percikan api menjadi lemah atau bahkan mati.



20 November 2022

penyebab kampas rem motor cepat habis

 Beberapa faktor penyebab kampas rem motor cepat habis :

1.penggunaan rem yang terus menerus 
2. kondisi medan jalanan yang ditempuh
3. penggunaan kampas yang tidak berkualitas 
4. terjadinya kerusakan pada sistem pengeriman hingga terjadi pergesekan berlebihan. 
5. faktor usia dan kurang nya perawatan sepeda motor.
6. kesalahan dalam pemasangan dan ke tledoran saat perawatan sepeda motor. 
7. terjadi karat dan kurang pelumas pada tuas untuk rem model tromol.


Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988