27 September 2022

cara setting oli samping rc 100

oli samping untuk motor 2 tak

oli samping sangatlah penting dalam penggunaan motor 2tak setiap pengguna motor 2 tak pasti sangat mengetahui apa itu oli samping ? fungsi nya buat apa ? gimana gunain nya ? yang pasrtinya pastikan motor 2 tak saat digunakan menggunakan oli samping yah, entah oli nya pisah atau dicampur dengan bensin biar gak overheat piston nya. kalo bawaan pabrikan awal nya pasti oli samping nya pisah, oli samping nya itu diatur keluar nya boros maupun irit pada bagian pompa oli. 

cara stel pompa oli samping suzuki rc 100 


> sebelum melakukan penyetelan pompa oli pada rc 100 yang harus diketahui adalah letak dmna pompa oli nya dulu, kan percuma mau nyetel tapi belum tau dmna pompa nya. hehe pompa oli samping suzuki rc teletak pada bagian kiri cover rantai, jadi perlu dicopot dulu.

cara setting oli samping rc 100

> lepas pedal pressneleng dan cover rantai bagian depan dan belakang dulu biar lebih mudah nyetel pompa oli nya ya. 

cara setting oli samping rc 100


> perhatikan gambar diatas, pada bawah pompa oli ada bagian 3 titik di bulatan pompa, pastikan posisi gas tidak ketarik ya, jika posisi seeprti difoto pada bagian titik yang paten bagian bawah bertemu dengan titik di bulatan pompa oli yang pertama berati pompa oli irit atau standar. jika ingin ingin sedikit lebih boros tinggal sesuaikan pada titik temu yang ke 2 maupun 3 , untuk saran saja lebih baik jika berada di posisi sedang apalagi piston sudah oversize. 


> jika sudah dipahami tinggal memposisikan dititik yang di inginkan pada setelan oli samping nya irit, sedang atau boros. tinggal naikan atau turunkan baut kabel gas seperti difoto sesuai dengan patokan setelan yang sudah ada seperti digambar ke 2 .


cara setting oli samping rc 100

berikut cara setting oli samping rc 100 dengan mudah & pas karena jika terlalu irirt akan merusak mesin dan terlalu boros akan membuat busi sering mati, semoga informasi diatas yang saya berikan dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi seputar dunia otomotif, sekian artikel yang dapat saya sampaikan, terima kasih. 

baca juga : cara agar gas motor matic enteng

26 September 2022

cara agar tarikan gas motor matic enteng

 

gambar saklar motor


           Motor matic diindonesia menjadi motor yang sangat digemari, cara menggunakan nya juga sangat mudah bisa dikatakan hampir semua orang bisa mengendarai nya asal bisa menyeimbangkan badan ya pasti bisa pake matic, cuma perlu belajar gas dan rem aja, jelas memudahklan pengguna nya kan. 
pada saat ini juga setiap pabrikan sepeda motor hampir semua memproduksi motor model matic entah dengan kapasitas dari kecil hingga cc besar. 
akan tetapi yang namanya motor kalo sering digunakan ya perlu servis dan perawatan juga kan, soalnya kalo tidak diservis dapat membahayakan pengguna nya juga, salah satu komponen yang terus dipakai saat motor digunakan dan riskan dari kerusakan yaitu pada bagian gas. bagian gas ini sering terjadi gas berat, gas ngnci dan bisa memicu sampai gas nya putus. berikut kami akan memberikan tips tentang pembersihan gas motor matick agar enteng. 

Cara agar tarikan gas motor matic enteng : 


1. Lepas bagian selongsong gas, bersihkan bagian dalam dan berikan pelumas dan jika bagian setang berkarat amplas terlebih dahulu. 


2. Berishkan kabel gas dengan cara lepas jika perlu, usahalan masukan bensin pada bagian dalam agar karat dapat keluar, dan jika bersih masukan pelumas atau oli.


3. Bersihkan karburator terutama bagian skep, biasanya ini membuat gas berat jika karburator nya kotor.


4. Setting ukuran kekencangan gas yang terletak pada bagian ujung kabel gas bisanya berbentuk ulis drat. 


 Berikut diatas adalah 4 cara agar tarikan gas motor matic enteng, jika gas terasa lebih ringan juga akan menambah ken nyamanan dan keamanan pengendara nya maka perlu dilakukan perwatan pada sepeda motor kesayangan nya ya. semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan dan trik perbaikan sepeda motor, terima kasih. 

25 September 2022

4 penyebab motor susah hidup di pagi hari

 

ga,bar klep motor

            Pada saat pagi hari merupakan dimana awal dari semua kegiatan dimulai, dan saati itu banyak orang sedang terburu buru bagaimana jika saat pagi hari motor yang digunakan untuk beraktifitas entah bekerja atau keperluan lain akan tetapi motor kita malah susah hidup ? yang pasti sangat menyebalkan jika terjadi seperti itu, namun jika motor terjadi susah hidup adakalanya perhatikan Sparepart yang biasanya terjadi kerusakan, hal ini juga perlu untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi motor susah hidup dipagi hari.

Berikut adalah 4 penyebab motor susah hidup di pagi hari : 

1. karburator 
hal ini yang paling sering terjadi pada motor yang seringkali terjadi pada motor yang jarang servis seperti karbu kotor, kemasukan air, atau banjir. cacara penaggulangan nya yang paling mudah adalah dengan menarik choke yang ada pada motor. 

2. busi
busi yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi pemicu kerusakan dikarenakan api yang dipercikan terlalu lemah dan kecil, akan tetapi jika busi sering mati padahal masih baru dapat disebabkan oleh settingan motor yang terlalu boros atau bisa juga disebabkan banjir nya karburator hingga bahan bakar masuk ke ruang bakar. 


3. klep
motor yang sehari hari digunakan tetapi tidak rutin dalam servis bisa terjadi kerukan pada katup klep dan terjadi kerenggangan celah klep akibat akan tetapi masih bisa disetting klep agar lebih rapat jika masih belum terlalu parah, jika terlalu parah perlu sekir klep. 


4. aki
ada beberapa motor terutama yang berarus DC jika aki tekor atau bahkan lemah, motor akan sulit menyala bahkan tidak bisa menyala, hal ini dikarenakan arus kelistrikan motor ini diperlukan penertal tegangan dengan bantuan aki, hal ini mungkin sering disepelekan akan tetapi sangatlah penting. 


berikut diatas adalah 4 penyebab motor susah hidup dipagi hari menurut kami yang sering ditemui permasalahan nya, semoga dengan tulisan ini dapat membantu teman teman jika mengalami nya, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini. terima kasih.

baca juga : penyebab rem motor bunyi

24 September 2022

tiger modifikasi herex

 


modifikasi honda tiger ada banyak hal ide dikarenakan motor keluaran honda ini sudah menggendong mesin 200cc yang tergolong besar jadi udah gak diragukan lagi kalo soal performa nya. yang terpenting dalam modifikasi yang perlu diutamakan adalah faktor dari kenyamanan dan keselamatan aja sih, jadi jika motor ini buat harian perlu pikir pikir dulu  ya sobat jika ingin merubah setiap komponen yang terllau ekstrim. 

apa aja sih yang perlu dirubah kalo buat tiger modifikasi herex ? 

> pada umum nya modifikasi ini yang jelas pada sektor mesin nya sih biasanya perlu bore up pada bagian kruk as , piston , noken as, klep dll tergantung dengan settingan bengkel yang udah kalian percaya.


> pada bagian kaki kaki hmmm yang sering kliatan mencolok adalaha bagian shok depan pake ninja r tapi kembali lagi tergantung selera sih.


> kalo ingin terlihat bersih untuk bagian mesin bisa chrom, poles, sanblas ataupun vaporblasting agar terlihat rapi motor nya. 

tiger modifikasi herex


singkat nya dalam tiger modifikasi herex seperti berikut akan tetapi sesuaikan dengan selera dan kenyamanan aja sih dan jangan lupa tetap sefeyty dalam berkendara ya, sekian artikel tentang tiger modifikasi herex yang dapat saya tuliskan jika banyak kekurangan kami mohon maaf, terima kasih 

baca juga modifikasi cb 100

cb 100 modifikasi

          Modifikasi honda 100 kini sangat populer dikalangan pecinta modifikasi motor clasic. hingga saat ini motor motor clasic sering bersliweran dijalan yang populasi nya makin lama makin banyak, ya memang memodifikasi motor clasic mempunyai kesan tersendiri terutama honda cb 100 dikarenakan dalam spesifikasi untuk bahan modif nya sangat luas atau bisa bahkan hampir keseluruhan part dari motor lain selalu digunakan, alhasil ngak bisa bosen deh kalo tunggangan ingin lebih nyaman atau penegn lebih kenceng bisa coba bore up ataupun merubah bagian bodi dan kaki kaki misal dengan mengganti shock depan milik motor ninja r yang saat ini kebanyakan digunakan untuk modifikasi honda cb 100 biar makin nyaman saat buat perjalan. tapi part yang ingin dirubah tergantung dengan selera aja sih dan yang terpenting menyesuaikan kebutuhan dan yang paling penting isi dompet. hehe 

 Berikut foto modifikasi cb 100


cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

cb 100 modifikasi

 sekian yang dapat saya sampaikan semoga dapat memebrikan inspirasi buat teman teman yang sedang cari ide modifikasi cb 100 nya tetapi jangan pernah lupa saat modifikasi motor kesayangan nya ya yang terpenting tetap menjaga persaudaraan sesama bikers dan tetap safety dalam berkendara, semoga artikle ini dapat memberikan manfaat dan menambah informasi tentang dunia otomotif. terima kasih

baca juga : cara setting klep tiger 

22 September 2022

kopling rx king keras

 

gambar kampas kopling

kopling yamaha rx king 

        Yamaha rx king dalam penggunaan nya sistem kopling nya memkai setut pendorong yang terletak pada bagian kiri blok mesin, sedikit berbeda dengan kopling manual yang biasa pada motor lainya yang terletak pada bagian kanan yang cara kerja nya dengan menarik bagian house/ rumah kopling berbeda dengan yamaha rx king yang berada dibagian kiri blok mesin yaitu dengan metode dorong melalui stut kopling dengan perantara as sebagai pendorong nya saat kopling ditarik dan house kopling memekarkan kampas kopling.

penyebab kopling rx king keras 

banyak hal yang dapat mempengaruhi penyebab keras nya kopling rx king dikarenakan kopling dengan sistem dorong ini menurut kami lumayan rumit dalam proses nya, sering juga terjadi pada saat motor dikopling akan tetapi masih terasa motor masih berjalan dll. berikut beberapa bagian kopling yang harus dicek jikalau kopling rx king keras : 

> coba pastikan pada bgaian kabel kopling dan selongsong, biasanya dikarenakan kabel serabut kopling menggunakan part motor lain tetapi jika pemasangan benar tidak maslaah.
> selongsong kopling karatan, bisa periksa jika berkarat pasti akan terasa keras kopling nya, cara bersihkan nya dengan cara masukan bensin sampai kotoran keluar jika sudah langsung berikan pelumas oli.
> stut kopling yang sudah aus atau oblak, biasanya pada bagian ulir yang menempel pada bak kopling yang pada saat kopling ditarik komponen ini goyang dan tidak presisi dalam mendorong as pendorong rumah kopling.
> as pendorong kopling dan bengkok / gotri sudah tidak bulat atau bahkan tidak terpasang, komponen ini sering dianggap sepel padahal sangat berpengaruh. 
> peer kopling tidak presisis atau sudah bengkok. 

berikut diatas adalah beberapa hal yang sering terjadi kerusakan jika kopling rx king keras, barangkali sobat mengalami maslah berikut dapat mencoba cara berikut, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini semoga dapat memberikan manfaat dan dalam menambah informasi seputar dunia otomotif, terima kasih.

baca juga : penyebab rem motor bunyi

21 September 2022

Cara mengatasi rem motor bunyi

gambar tutup tromol


Cara kerja sistem pengereman tromol dalam tromol

Dalam sistem pengereman pada sepeda motor memiliki 2 jenis yaitu sitem pengerman dengan tromol dan dengan disc/ piringan, masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Untuk sistem rem menggunakan piringan mulai popular diaplikasikan sekitar tahun 2000.an yang sebelum tahun tersebut untuk umum nya masih menggunakan sistem tromol.

Untuk rem yang sering dipakai beberapa motor pabrkan yaitu kombinasi dengan rem cakram bagian depan dan rem tromol bagian belakang. Hal ini menjadi banyak nya keluhan pengguna motor tersebut yang sering dialami terutama pada pengereman tromol yang diaplikasikan untuk rem belakang.

Bunyi berisik saat direm, untuk system tromol bunyi berisik saat direm sudah menjadi masalah yang sering kali ditemui, kenapa bisa gitu ya ?

Ya memang karena untuk tromol ini bisa dikatan cara kerja nya digesekan dengan besi bagian dalam bosh tromol yang terjadi gesekan dan mengakibatkan panas sedangan kotoran atau debu bekas kikisan kampas rem yang mengerak dan mmebuat karat sehingga rem saat ditarik akan bunyi.

Cara mengatasi rem tromol bunyi :

> Sering dilakukan pengecekan dan pembersihan bagian dalam tromol biasa dilakuakn dengan penyemprotan dengan kompresor
> Jika kampas sudah habis, selalu menggunakan kampas yang original
Cek bagian kampas yang sudah termakan apakah rata atau tidak, jika tidak rata bisa diratakan dengan diamplas
> Cek juga bagian besi tromol , masih dalam kondisi rata atau sudah tidak rata. Kalau tidak rata bisa diakali dengan dibubut
> Berikan pelumas pada seriap tuas yang ada dibagian tutup kampas, agar saat kampas ditarik tidak terjadi ngunci pada bagian kampas.
> Cek peer yang ada pada bagian tromol tersebut.

Banyak juga yah hal perlu diperhatikan dalam perawatan rem tromol.
Tapi untuk rem tromol ini juga punya banyak keunggulan hlo, apa aja tuh :
Perawatan kampas cukup simple
Komponen dalam rem ini tergolong sedikit dan tidak rumit
Kampas gak cepet habis dan harga lumayan terjangkau
Dalam kondisi panas rem rem tidak terjadi blong.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini tetntang cara mengatasi rem tromol motor bunyi, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 baca juga warna kabel cdi grand 

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988