26 September 2022
cara agar tarikan gas motor matic enteng
25 September 2022
4 penyebab motor susah hidup di pagi hari
Pada saat pagi hari merupakan dimana awal dari semua kegiatan dimulai, dan saati itu banyak orang sedang terburu buru bagaimana jika saat pagi hari motor yang digunakan untuk beraktifitas entah bekerja atau keperluan lain akan tetapi motor kita malah susah hidup ? yang pasti sangat menyebalkan jika terjadi seperti itu, namun jika motor terjadi susah hidup adakalanya perhatikan Sparepart yang biasanya terjadi kerusakan, hal ini juga perlu untuk menghindari hal tersebut agar tidak terjadi motor susah hidup dipagi hari.
Berikut adalah 4 penyebab motor susah hidup di pagi hari :
1. karburator
hal ini yang paling sering terjadi pada motor yang seringkali terjadi pada motor yang jarang servis seperti karbu kotor, kemasukan air, atau banjir. cacara penaggulangan nya yang paling mudah adalah dengan menarik choke yang ada pada motor.
2. busi
busi yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi pemicu kerusakan dikarenakan api yang dipercikan terlalu lemah dan kecil, akan tetapi jika busi sering mati padahal masih baru dapat disebabkan oleh settingan motor yang terlalu boros atau bisa juga disebabkan banjir nya karburator hingga bahan bakar masuk ke ruang bakar.
3. klep
motor yang sehari hari digunakan tetapi tidak rutin dalam servis bisa terjadi kerukan pada katup klep dan terjadi kerenggangan celah klep akibat akan tetapi masih bisa disetting klep agar lebih rapat jika masih belum terlalu parah, jika terlalu parah perlu sekir klep.
4. aki
ada beberapa motor terutama yang berarus DC jika aki tekor atau bahkan lemah, motor akan sulit menyala bahkan tidak bisa menyala, hal ini dikarenakan arus kelistrikan motor ini diperlukan penertal tegangan dengan bantuan aki, hal ini mungkin sering disepelekan akan tetapi sangatlah penting.
berikut diatas adalah 4 penyebab motor susah hidup dipagi hari menurut kami yang sering ditemui permasalahan nya, semoga dengan tulisan ini dapat membantu teman teman jika mengalami nya, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini. terima kasih.
24 September 2022
tiger modifikasi herex
modifikasi honda tiger ada banyak hal ide dikarenakan motor keluaran honda ini sudah menggendong mesin 200cc yang tergolong besar jadi udah gak diragukan lagi kalo soal performa nya. yang terpenting dalam modifikasi yang perlu diutamakan adalah faktor dari kenyamanan dan keselamatan aja sih, jadi jika motor ini buat harian perlu pikir pikir dulu ya sobat jika ingin merubah setiap komponen yang terllau ekstrim.
apa aja sih yang perlu dirubah kalo buat tiger modifikasi herex ?
> pada umum nya modifikasi ini yang jelas pada sektor mesin nya sih biasanya perlu bore up pada bagian kruk as , piston , noken as, klep dll tergantung dengan settingan bengkel yang udah kalian percaya.
> pada bagian kaki kaki hmmm yang sering kliatan mencolok adalaha bagian shok depan pake ninja r tapi kembali lagi tergantung selera sih.
> kalo ingin terlihat bersih untuk bagian mesin bisa chrom, poles, sanblas ataupun vaporblasting agar terlihat rapi motor nya.
singkat nya dalam tiger modifikasi herex seperti berikut akan tetapi sesuaikan dengan selera dan kenyamanan aja sih dan jangan lupa tetap sefeyty dalam berkendara ya, sekian artikel tentang tiger modifikasi herex yang dapat saya tuliskan jika banyak kekurangan kami mohon maaf, terima kasih
cb 100 modifikasi
Modifikasi honda 100 kini sangat populer dikalangan pecinta modifikasi motor clasic. hingga saat ini motor motor clasic sering bersliweran dijalan yang populasi nya makin lama makin banyak, ya memang memodifikasi motor clasic mempunyai kesan tersendiri terutama honda cb 100 dikarenakan dalam spesifikasi untuk bahan modif nya sangat luas atau bisa bahkan hampir keseluruhan part dari motor lain selalu digunakan, alhasil ngak bisa bosen deh kalo tunggangan ingin lebih nyaman atau penegn lebih kenceng bisa coba bore up ataupun merubah bagian bodi dan kaki kaki misal dengan mengganti shock depan milik motor ninja r yang saat ini kebanyakan digunakan untuk modifikasi honda cb 100 biar makin nyaman saat buat perjalan. tapi part yang ingin dirubah tergantung dengan selera aja sih dan yang terpenting menyesuaikan kebutuhan dan yang paling penting isi dompet. hehe
Berikut foto modifikasi cb 100
sekian yang dapat saya sampaikan semoga dapat memebrikan inspirasi buat teman teman yang sedang cari ide modifikasi cb 100 nya tetapi jangan pernah lupa saat modifikasi motor kesayangan nya ya yang terpenting tetap menjaga persaudaraan sesama bikers dan tetap safety dalam berkendara, semoga artikle ini dapat memberikan manfaat dan menambah informasi tentang dunia otomotif. terima kasih
22 September 2022
kopling rx king keras
kopling yamaha rx king
Yamaha rx king dalam penggunaan nya sistem kopling nya memkai setut pendorong yang terletak pada bagian kiri blok mesin, sedikit berbeda dengan kopling manual yang biasa pada motor lainya yang terletak pada bagian kanan yang cara kerja nya dengan menarik bagian house/ rumah kopling berbeda dengan yamaha rx king yang berada dibagian kiri blok mesin yaitu dengan metode dorong melalui stut kopling dengan perantara as sebagai pendorong nya saat kopling ditarik dan house kopling memekarkan kampas kopling.
penyebab kopling rx king keras
banyak hal yang dapat mempengaruhi penyebab keras nya kopling rx king dikarenakan kopling dengan sistem dorong ini menurut kami lumayan rumit dalam proses nya, sering juga terjadi pada saat motor dikopling akan tetapi masih terasa motor masih berjalan dll. berikut beberapa bagian kopling yang harus dicek jikalau kopling rx king keras :
> coba pastikan pada bgaian kabel kopling dan selongsong, biasanya dikarenakan kabel serabut kopling menggunakan part motor lain tetapi jika pemasangan benar tidak maslaah.
> selongsong kopling karatan, bisa periksa jika berkarat pasti akan terasa keras kopling nya, cara bersihkan nya dengan cara masukan bensin sampai kotoran keluar jika sudah langsung berikan pelumas oli.
> stut kopling yang sudah aus atau oblak, biasanya pada bagian ulir yang menempel pada bak kopling yang pada saat kopling ditarik komponen ini goyang dan tidak presisi dalam mendorong as pendorong rumah kopling.
> as pendorong kopling dan bengkok / gotri sudah tidak bulat atau bahkan tidak terpasang, komponen ini sering dianggap sepel padahal sangat berpengaruh.
> peer kopling tidak presisis atau sudah bengkok.
berikut diatas adalah beberapa hal yang sering terjadi kerusakan jika kopling rx king keras, barangkali sobat mengalami maslah berikut dapat mencoba cara berikut, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini semoga dapat memberikan manfaat dan dalam menambah informasi seputar dunia otomotif, terima kasih.
21 September 2022
Cara mengatasi rem motor bunyi
Cara kerja sistem pengereman tromol dalam tromol
Dalam sistem pengereman pada sepeda motor memiliki 2 jenis
yaitu sitem pengerman dengan tromol dan dengan disc/ piringan, masing – masing
memiliki keunggulan dan kelemahan. Untuk sistem rem menggunakan piringan mulai
popular diaplikasikan sekitar tahun 2000.an yang sebelum tahun tersebut untuk
umum nya masih menggunakan sistem tromol.
Untuk rem yang sering dipakai beberapa motor pabrkan yaitu
kombinasi dengan rem cakram bagian depan dan rem tromol bagian belakang. Hal
ini menjadi banyak nya keluhan pengguna motor tersebut yang sering dialami
terutama pada pengereman tromol yang diaplikasikan untuk rem belakang.
Bunyi berisik saat direm, untuk system tromol bunyi berisik
saat direm sudah menjadi masalah yang sering kali ditemui, kenapa bisa gitu ya
?
Ya memang karena untuk tromol ini bisa dikatan cara kerja
nya digesekan dengan besi bagian dalam bosh tromol yang terjadi gesekan dan
mengakibatkan panas sedangan kotoran atau debu bekas kikisan kampas rem yang
mengerak dan mmebuat karat sehingga rem saat ditarik akan bunyi.
Cara mengatasi rem tromol bunyi :
> Sering dilakukan pengecekan dan pembersihan bagian dalam
tromol biasa dilakuakn dengan penyemprotan dengan kompresor
> Jika kampas sudah habis, selalu menggunakan kampas yang
original
Cek bagian kampas yang sudah termakan apakah rata atau
tidak, jika tidak rata bisa diratakan dengan diamplas
> Cek juga bagian besi tromol , masih dalam kondisi rata atau
sudah tidak rata. Kalau tidak rata bisa diakali dengan dibubut
> Berikan pelumas pada seriap tuas yang ada dibagian tutup
kampas, agar saat kampas ditarik tidak terjadi ngunci pada bagian kampas.
> Cek peer yang ada pada bagian tromol tersebut.
Banyak juga yah hal perlu diperhatikan dalam perawatan rem
tromol.
Tapi untuk rem tromol ini juga punya banyak keunggulan hlo,
apa aja tuh :
Perawatan kampas cukup simple
Komponen dalam rem ini tergolong sedikit dan tidak rumit
Kampas gak cepet habis dan harga lumayan terjangkau
Dalam kondisi panas rem rem tidak terjadi blong.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini
tetntang cara mengatasi rem tromol motor bunyi, semoga bermanfaat untuk kita
semua, terima kasih.
warna kabel cdi grand
Jalur pengapian Honda astrea grand
setiap sepeda motor perlu adanya sistem pengapian
dikarenakan motor bisa menyala disebabkan terjadinya ledakan diruang bakar. Ada
beberapa komponen penting dalam jalur pengapian yang pertama diawali dari sepul
dilanjutkan ke cdi lalu ke koil dan terakhir keluar percikan busi. Setiap
komponen tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing untuk menghantarkan
listrik yang akhirnya bisa sampai dalam ruang bakar.
Penting nya peran setiap komponen tersebut maka setiap
komponen tersebut harus dalam keadaan normal, jika saja ada yang mulai
bermasalah maka nyala motor akan tidak stabil atau bisa lebih fatal nya motor
tidak akan bisa menyala. Terutama untuk astrea Honda astrea grand yang bisa
dibilang usia nya sudah tidak muda lagi sering kali kerusakan terletak pada
komponen cdi.
Cdi memiliki tugas untuk mestabilkan setiap tegangan dari
sepul agar pengapian tetap stabil. Jika kondisi sepeda motor sudah mulai
bermasalah biasanya disebabkan oleh cdi yang mulai lemah atau bahkan langsung
mati. Kadang terjadi kerusakan yang sepele seperti setelah cek busi tidak
keluar percikan api setelah dibongkar tetapi karna kurang teliti pengecekan nya
malah hanya soket cdi mulai kendor,
sering juga kabel soket / terminal cdi tersebut kabel mulai rusak atau
terbakar.
Dalam pemasangan soket perlu ketelitian karena jika salah
sambung kabel nya bisa terjadi konslet dan menyebabkan kabel terbakar, dalam
perbaikan soket / terminal cdi Honda grand mungkin bisa disesuaikan :
1 |
2 |
|
3 |
4 |
|
5 |
6 |
|
Blok hitam ( arah pin soket )
Arti warna kabel kelistrikan beserta jalur Cdi honda astrea grand :
1. .> Masa (-)
hijau
Posisi masa adalah arus negatif yang biasanya diletkan
dirangka
2. > Pulser (+)
biru kuning
Jalur dari mesin yang naik dan masuk ke cdi
3. > kontak (+)
hitam putih
jalur ini diambungkan menuju kunci kontak untuk
mematikan sepeda motor
kosong
4. > sepul (+)
hitam merah
jalur masuk ke cdi dari sepul mesin untuk memasok
pengapian sepeda motor
5. > koil ( +)
hitam kuning
jalur keluar dari cdi untuk dilanjut kan ke koil
terlebih dahulu sebelum masuk ke busi
Mungkin itu saja pembahasan dalam Arti warna kabel
kelistrikan Cdi Honda astrea grand semoga artikel ini berguna dan menambah
pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.
-
sebab kabel body memiliki warna berbeda di setiap sepeda motor memiliki banyak kabel dengan ukuran dan berbagai warna yang berbeda dan yang ...
-
Fungsi kiprok kiprok bagi sepeda motor adalah sesuatu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi untuk menstabilkan arus listrik dari sepul...
-
warna kabel sepeda motor dalam setiap sepeda motor memiliki kabel yang berfungsi untuk mengantarkan arus listrik menuju ke komponen keli...