22 September 2022

kopling rx king keras

 

gambar kampas kopling

kopling yamaha rx king 

        Yamaha rx king dalam penggunaan nya sistem kopling nya memkai setut pendorong yang terletak pada bagian kiri blok mesin, sedikit berbeda dengan kopling manual yang biasa pada motor lainya yang terletak pada bagian kanan yang cara kerja nya dengan menarik bagian house/ rumah kopling berbeda dengan yamaha rx king yang berada dibagian kiri blok mesin yaitu dengan metode dorong melalui stut kopling dengan perantara as sebagai pendorong nya saat kopling ditarik dan house kopling memekarkan kampas kopling.

penyebab kopling rx king keras 

banyak hal yang dapat mempengaruhi penyebab keras nya kopling rx king dikarenakan kopling dengan sistem dorong ini menurut kami lumayan rumit dalam proses nya, sering juga terjadi pada saat motor dikopling akan tetapi masih terasa motor masih berjalan dll. berikut beberapa bagian kopling yang harus dicek jikalau kopling rx king keras : 

> coba pastikan pada bgaian kabel kopling dan selongsong, biasanya dikarenakan kabel serabut kopling menggunakan part motor lain tetapi jika pemasangan benar tidak maslaah.
> selongsong kopling karatan, bisa periksa jika berkarat pasti akan terasa keras kopling nya, cara bersihkan nya dengan cara masukan bensin sampai kotoran keluar jika sudah langsung berikan pelumas oli.
> stut kopling yang sudah aus atau oblak, biasanya pada bagian ulir yang menempel pada bak kopling yang pada saat kopling ditarik komponen ini goyang dan tidak presisi dalam mendorong as pendorong rumah kopling.
> as pendorong kopling dan bengkok / gotri sudah tidak bulat atau bahkan tidak terpasang, komponen ini sering dianggap sepel padahal sangat berpengaruh. 
> peer kopling tidak presisis atau sudah bengkok. 

berikut diatas adalah beberapa hal yang sering terjadi kerusakan jika kopling rx king keras, barangkali sobat mengalami maslah berikut dapat mencoba cara berikut, sekian yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini semoga dapat memberikan manfaat dan dalam menambah informasi seputar dunia otomotif, terima kasih.

baca juga : penyebab rem motor bunyi

21 September 2022

Cara mengatasi rem motor bunyi

gambar tutup tromol


Cara kerja sistem pengereman tromol dalam tromol

Dalam sistem pengereman pada sepeda motor memiliki 2 jenis yaitu sitem pengerman dengan tromol dan dengan disc/ piringan, masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Untuk sistem rem menggunakan piringan mulai popular diaplikasikan sekitar tahun 2000.an yang sebelum tahun tersebut untuk umum nya masih menggunakan sistem tromol.

Untuk rem yang sering dipakai beberapa motor pabrkan yaitu kombinasi dengan rem cakram bagian depan dan rem tromol bagian belakang. Hal ini menjadi banyak nya keluhan pengguna motor tersebut yang sering dialami terutama pada pengereman tromol yang diaplikasikan untuk rem belakang.

Bunyi berisik saat direm, untuk system tromol bunyi berisik saat direm sudah menjadi masalah yang sering kali ditemui, kenapa bisa gitu ya ?

Ya memang karena untuk tromol ini bisa dikatan cara kerja nya digesekan dengan besi bagian dalam bosh tromol yang terjadi gesekan dan mengakibatkan panas sedangan kotoran atau debu bekas kikisan kampas rem yang mengerak dan mmebuat karat sehingga rem saat ditarik akan bunyi.

Cara mengatasi rem tromol bunyi :

> Sering dilakukan pengecekan dan pembersihan bagian dalam tromol biasa dilakuakn dengan penyemprotan dengan kompresor
> Jika kampas sudah habis, selalu menggunakan kampas yang original
Cek bagian kampas yang sudah termakan apakah rata atau tidak, jika tidak rata bisa diratakan dengan diamplas
> Cek juga bagian besi tromol , masih dalam kondisi rata atau sudah tidak rata. Kalau tidak rata bisa diakali dengan dibubut
> Berikan pelumas pada seriap tuas yang ada dibagian tutup kampas, agar saat kampas ditarik tidak terjadi ngunci pada bagian kampas.
> Cek peer yang ada pada bagian tromol tersebut.

Banyak juga yah hal perlu diperhatikan dalam perawatan rem tromol.
Tapi untuk rem tromol ini juga punya banyak keunggulan hlo, apa aja tuh :
Perawatan kampas cukup simple
Komponen dalam rem ini tergolong sedikit dan tidak rumit
Kampas gak cepet habis dan harga lumayan terjangkau
Dalam kondisi panas rem rem tidak terjadi blong.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini tetntang cara mengatasi rem tromol motor bunyi, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 baca juga warna kabel cdi grand 

warna kabel cdi grand

 

Jalur pengapian Honda astrea grand

setiap sepeda motor perlu adanya sistem pengapian dikarenakan motor bisa menyala disebabkan terjadinya ledakan diruang bakar. Ada beberapa komponen penting dalam jalur pengapian yang pertama diawali dari sepul dilanjutkan ke cdi lalu ke koil dan terakhir keluar percikan busi. Setiap komponen tersebut memiliki peran dan tugas masing-masing untuk menghantarkan listrik yang akhirnya bisa sampai dalam ruang bakar.

Penting nya peran setiap komponen tersebut maka setiap komponen tersebut harus dalam keadaan normal, jika saja ada yang mulai bermasalah maka nyala motor akan tidak stabil atau bisa lebih fatal nya motor tidak akan bisa menyala. Terutama untuk astrea Honda astrea grand yang bisa dibilang usia nya sudah tidak muda lagi sering kali kerusakan terletak pada komponen cdi.

Cdi memiliki tugas untuk mestabilkan setiap tegangan dari sepul agar pengapian tetap stabil. Jika kondisi sepeda motor sudah mulai bermasalah biasanya disebabkan oleh cdi yang mulai lemah atau bahkan langsung mati. Kadang terjadi kerusakan yang sepele seperti setelah cek busi tidak keluar percikan api setelah dibongkar tetapi karna kurang teliti pengecekan nya malah hanya soket cdi mulai kendor,  sering juga kabel soket / terminal cdi tersebut kabel mulai rusak atau terbakar.

Dalam pemasangan soket perlu ketelitian karena jika salah sambung kabel nya bisa terjadi konslet dan menyebabkan kabel terbakar, dalam perbaikan soket / terminal cdi Honda grand mungkin bisa disesuaikan :

 

 

1

2

 

3

4

 

5

6

 

 

 

 

Blok hitam ( arah pin soket )

Arti warna kabel kelistrikan beserta jalur Cdi honda astrea grand :

1.      .> Masa (-) hijau

Posisi masa adalah arus negatif yang biasanya diletkan dirangka

2.     >   Pulser (+) biru kuning

Jalur dari mesin yang naik dan masuk ke cdi

 

3.      >  kontak (+) hitam putih

jalur ini diambungkan menuju kunci kontak untuk mematikan sepeda motor

kosong

4.     >   sepul (+) hitam merah

jalur masuk ke cdi dari sepul mesin untuk memasok pengapian sepeda motor

5.      >   koil ( +) hitam kuning

jalur keluar dari cdi untuk dilanjut kan ke koil terlebih dahulu sebelum masuk ke busi

Mungkin itu saja pembahasan dalam Arti warna kabel kelistrikan Cdi Honda astrea grand semoga artikel ini berguna dan menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

baca juga cara setting klep tiger 

cara setting klep tiger

 



kunci stel klep

 

apa saja yang  perlu disiapkan sebelum  stel klep tiger 

1.       Kunci L stel klep
2.       Kunci ring ukuran 24 / kunci ingris 
3.       Fuller gauge 
4.       Obeng –
5.       Kunci T ukuran 14
6.       Kunci ring ukuran 10 

 

Penyetelan klep dilakukan saat klep sudah mulai kendor / renggang , karena klep yang sudah renggang sering kali membuat risih karena mendengar suara mesin yang berisik maka harus segera dilakukan penyetelan klep agar tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin lain nya.

 

  Beberapa hal yang harus dilakukan pada saat stel klep tiger :

  • bongkar tutup bak yang ada di bak kiri atau bak magnet tiger dan tutup timing atas supaya nanti diwaktu stel klep posisi sudah pada posisi top.
  • Mencari posisi top bisa dengan memasukan kun T 14 lewat bak kiri untuk memutar magnet dan mencari posisi top atau posisi TMA.
  • Untuk memastikan silahkan buka busi. Pastikan posisi piston sudah benar- benar di posisi paling atas 
  • Lepas rantai keteng dari gigi sentrik (hati-hati jangan sampai rantai lepas dan jatuh kebawah)
  • Buka tutup stelan klep yang terletak diatas kop 
  • Kendorkan stelan klep tersebut bis amulai dari in atau ex dulu
 

setting klep


 

  • Jika sudah dikendorkan stelan pelatuk klep nya silahkan distel sesuai dengan ukuran keinginan tapi jangan asal, klep in dan ex harus sama renggang pelatuk nya, 
  • Gunakan fuller agar ukuran klpe in dan ex sama, biasanya saya menggunakan ukuran 0,10 rata untuk in dan ex atau bisa juga 0.08 in dan 0,10 ex.
  • Jika sudah silahkan dipasang kembali, dalam pesangan gigi sentrik / atau gear rantai klep seperti semua ya misal seperti ini sebelum dilepas ditandai dulu.

gambar gigi timing



Perlu juga diketahui beberapa akibat stel klep tiger terlalu kendor dan terlalu kencang

1. Jika stel klep tiger terlalu kendor 

suara mesin akan kasar, noken as akan cepat rusak karena benturan terlalu keras dengan sepatu pelatuk klep.

2. Jika stel klep tiger terlalu rapat 

 motor akan berat / tenaga nya ngempos, noken as bisa terpasap sepatu pelatuk klep, tidak bisa langsam dan boros bbm

Mungkin itu saja tentang cara stel klep tiger yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat menambah wawasan tentang wawasan tentang otomotif dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 baca juga kelebihan honda tiger lawas

20 September 2022

kelebihan tiger lawas

 

honda tiger lawas

Honda tiger lawas semakin banyak diburu peminat nya, ini alasanya bro

 

     Hingga saat ini Honda tiger lawas si macan tua yang  muncul sekitar tahun 1993 tetapi hingga saat ini seakan penggemar nya yang tak pernah surut, tetapi malah semakin banyak dari generasi muda sampai usia dewasa. padahal motor ini sudah di stop produksi dan dilanjut dengan generasi penerusnya tiger 2000 new super cruiser dan berlanjut keluarlah Honda tiger revo.

     Akan tetapi semakin tua tiger lawas atau tilas masih tetap menjadi incaran buruan para bikers. Soalnya untuk harga pasaran nya Honda tiger lawas ini malah diatas kedua generasi penerusnya.

kenapa sih kok bisa malah yang udah tua malah diincar ?? , padahal biasanya kan prinsipnya kalo keluaran baru itu perbaikan dan pembaruan produk, bisa aja dikarenakan keluaran pertama dan unit yang dalam keadaan normal bisa dibilang hanya tinggal sedikit ya jelas kalo missal diajak jalan ya pasti deh bakal jadi pusat perhatian.

Keseluruhan unit Honda tiger series memiliki banyak persamaan nya alias Cuma dikit perubahanya. Hanya saja pada tiger revo merubah keseluruan body cover, pengereman dan suspense. jika dilihat dari segi mesin kurang lebih masih sama menggunakan mesin 200cc. Akan tetapi khusus tiger lawas memiliki pesona tersendiri bagi para pecinta Honda tiger maupun kolektor.

Yang membuat lebih menarik dari tiger lawas yaitu :

. dari segi bodi cover set terlihat lebih simple dan garang                                                                 

. sebagian besar sparepart honda tiger lawas made in jepang jadi lebih awet tetapi harga part juga       bebeda harga nya sedikit lebih mahal.

.harga pajak kendaraan jauh lebih murah kalo disbanding Honda tiger penerusnya

.unit sudah tidak terlalu banyak terutama dalam kondisi original bawaan dari barunya, rata-rata sudah direstorasi tapi hasil nya sih tetep aja sama keren nya.

.harga unit yang terus naik karena semakin banyak yang ngidam pengen punya ntah buat dikoleksi atau malah dijual kembali efeknya berangsur- angsur harga perahan naik.

Nah mungkin itu saja beberapa hal yang membuat tiger lawas menjadi lebih menarik menurut sepengetahuan saya, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan. Terima kasih

 baca juga warna kabel body tiger

warna kabel body tiger

 

Mengetahui arti warna kabel bodi pada tiger

Kabel bodi kelistrikan pada motor sering kali menyulitkan jika umur motor tersebut mulai tua, sering kali kabel rentan putus kabel bagian dalam atau terbakar akibat terjadinya konslet. Terutama pada bagian output lampu yang sangat rentan terbakar, jika sudah terjadi yang harus dilakukan yaitu membongkar jalur kabel dan diurut mulai dari jalur sepul sampai ke saklar.

Sebelum memulai silahkan dicocokan terlebih dahulu warna kabel sesuai fungsi nya agar tidak terjadi kesalahan berikut adalah keterangan arti warna kabel bodi untuk Honda tiger.

 

Arti Warna kabel Honda tiger

Warna merah (+) arus positif aki
Warna kuning tua (+) saklar lampu
Warna biru muda (+) lampu sein kanan
Warna orange (+) lampu sein kiri
Warna coklat (+) lampu kota
Warna biru putih (+) lampu dekat
Warna biru polos (+) lampu jauh
Warna hitam putih (+) kunci kontak
Warna hitam polos (+) kunci kontak
Warna biru kuning (+) pulser cdi
Warna hitam merah (+) sepul cdi
Warna hitam kuning (+) koil
Warna kuning (+) pengisian aki
Warna kuning (+) pengisian aki
Warna kuning merah (+) sepul jalan
Warna hijau merah (+) lampu netral
Warna hijau polos (-) masa
Warna hijau kuning (-) masa koil

 

Mungkin itu saja tentang arti warna kabel  kelistrikan  Honda tiger , semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu, sekian dan terima kasih.

baca juga warna kabel cdi tiger

warna kabel cdi tiger


fungi cdi pada sepeda motor

cdi memiliki peran yang sangat penting dalam komponen sistem kelistrikan sepeda motor, walaupun bentuk nya bisa dibilang hanya kecil tapi tanpa adanya cdi sepeda motor tidak akan bisa menyala, seberapa penting sih cdi untuk sepeda motor ? cdi merupakan komponen kelistrikan tahap kedua, sebelum listrik dianter ke cdi pertama diarahkan dari pulser menuju cdi. Fungsi dari cdi tersebut yaitu sensor untuk mengeluarkan percikan yang disalurkan melaui koil dan dikeluarkan oleh si busi pada saat posisi top / piston berada dalam posisi TmA.

Cdi pada sepeda motor ada beberapa jenis yaitu cdi AC dan DC, yang akan kita bahas yaitu cdi Honda tiger, Honda tiger memakai cdi berjenis arus AC. Cdi Honda tiger ini memiliki 6 lubang soket kabel arus.

Dalam soket kabel tersebut ada beberapa kabel yang memiliki warna dan arus yang berbeda beda, jadi agar lebih jelas nya langsung aja bro kita bahas bersama – sama :

 

 Ilustrasi jalur kabel cdi tiger

 

1

2

 

3

4

5

 

6

 

 

 

 

Blok hitam ( arah pin soket )

 

 

1 biru kuning (+) fulser

 Jalur kabel ini keluar dari fulser / dari bak kiri mesin langsung masuk ke cdi, untuk memberikan arahan sensor pada cdi

2 hitam kuning (+) koil

Jalur kabel arus keluar dari cdi menuju ke koil, dapat dikatakan penerus arus yang masuk dari kabel fulser

3. kosong

Dari bawaan nya soket untuk jalur ini kosong

4 hijau (-) massa

Kabel massa ini yang akan disebar keseluruh sistem pengapian motor tiger 

5 hitam putih (+) kontak

Kabel ini langsung menuju ke kunci kontak untuk on off mesin

6 hitam merah (+) sepul

kabel yang masuk ke cdi dari bak mesin kiri yang memasok pengapian yang akan disalurkan ke dalam ruang bakar

mungkin itulah penjelasan tentang jalur kabel cdi tiger yang saya pahami mungkin dengan adanya artikel ini dapat membantu teman- teman yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

 baca juga warna kabel kiprok tiger

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988