13 September 2022
motor mio sering mati
> yang paling sering terjadi terutama untuk mio old yaitu bagian karburator, biasanya pada karet vakum sudah pecah atau sobek.
warna kabel kiprok ninja r
Berikut adalah warna kabel kiprok ninja serta penjelasan nya :
|
|
1 |
2 |
4 |
3 |
1. hitam strip kuning > massa ( negatif )
2. biru strip putih > aki (positif)
3. putih strip hitam > input spull (positif )
4. kuning > lampu (positif )
cara menambal tangki bocor dengan resin
Tangki bahan bakar dalam suatu kendaraan sangatlah penting dan perlu diperhatikan, jika mengalami kerusakan akan sangat merepotkan dalam penggunaan kendaraan tersebut dan akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan misalnya akan sangat mudah kendaan itu dapat terbakar jika terjadi ke tledoran dan untuk masalah ringan nya akan terasa percuma mengisi bahan bakar yang sudah dibeli jika tangki tersebut mengalami kebocoran alhasil bahan bakar tersebut terbuang percuma, berikut perihal tentang kerusakan tangki bahan bakar yang sering kita jumpai yaitu adalah masalah kebocoran, untuk sebagian orang jika harus mengganti tangki baru memerlukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu entah dari segi biaya dan segi menjaga keutuhan komponen kendaraan tersebut. berati jika terjadi kebocoran tangki dan ingin tetap tidak perlu untuk mengganti baru dan bisa dikatakan low budget masih ada beberapa cara lain kok mulai darai dilem, dilas, dempul, epoxy, dan resin. tetapi menurut saya yang paling kuat adalah menggunakan resin, nah akan tetapi bagaimana si pengguanaan nya buat teman teman yang belum tau cara nya ?
Cara nya berikut dibawah untuk menambal tangki bocor dengan menggunakan resin :
> lepas tangki dari dudukan atau body
> kuras bahan bakar dan lepas keran agar tidak tertutup resin saat kering
> bersihkan bekas bahan bakar dengan air dan sabun sampai benar benar bersih
> keringkan sisa bekas air
> tutup lubang baut keran atau keran dengan kertas atau dengan plester agar resin tidak tumpah keluar
> siapkan resin dengan ukuran 100 : 10 artinya, 100 resin, 10 catalis, biasnaya untuk tangki motor menggunakan kisaran 300 sampai gram sesuaikan tergantung kebutuhan. dan aduk resin sampai benar benar tercampur rata lalu masukan kedalam tangki.
> jika sudah goyangkan tangki sampai terasa mengalir dan rata lalu tunggu higga kering sekitar 24 jam .
berikut diatas adalah cara dan penjelasan yang dapat kami sajikan tentang cara menambal tangki bocor dengan resin, semoga dapat bermanfaat untuk semua dan dapat menambah wawasan tentang informasi dunia otomotif, terima kasih.
12 September 2022
mesin gl pro susah hidup
Honda gl pro merupakan generasi penerus dari pendahulu nya yaitu honda cb 100. honda gl pro sendiri memiliki beberapa tipe yaitu gl pro series, pro neoteck, dan max neoteck akan tetapi hampir keseluruhan komponen mesin yang digunakan hampir memiliki kesamaan. honda gl pro ini juga memiliki keunggulan mesin yang bertenaga dan masih irit bahan bakar dibanding dengan motor dengan cc sekelas nya.
Akan tetapi untuk saat ini yang sering terjadi maslah pada mesin dikarenakan mesin umur mesin motor honda gl pro ini sudah termasuk keluaran lama jadi wajarlah kalo kadang terjadi kerusakan yang mana entah masalah ringan sampai berat. untuk kasus honda gl pro ini yang sering terjadi adalah hilang nya pengapian dan susah menyala apalagi pada saat mesin dingin.
Berikut adalaha hal yang perlu dicek ketika mesin gl pro susah hidup :
> cek keadaan busi apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak dapat dipakai lagi.
> cek pada kabel koil apakah masih dapat memercikan aki, dengan cara lepas tutup busi lalu tempelkan pada mesin dan engkol motor jika masih manyala berati pengpian masih menyala, jika tidak langsung coba lakukan hal yang sama tetapi kabel yang ditempelkan ke massa/ mesin melalui kabel yang dari arah sepul yang terletak pada bak kiri magnet.
> cek fulser, ini untuk honda hl pro yang memakai fulser atau gl pro cdi nya, caranya bisa lepas kabel warna putih garis merah dan putih garis hijau lalu sambung dengan lampu led kecil misal yang ada dikorek api senter, (cara ini untuk mengecek jika tanda tanda motor gl pto mati disaat mesin panas, jika dingin menyala normal).
> coba cek karburator dan bersihkan.
> cek spin magnet / ganjal magnet biasanya jika ada arus yang keluar tetapi motor tidak bisa menyala hal ini yang sering terjadi yaitu spin magnet patah.
> dan satu lagi jika motor susah menyala dan semua hal diatas sudah dilakukan adalah sekur klep , dapat dipastikan klep motor gl pro ini mengalami kebocoran.
berikut diatas adalah beberapa masukan dan solusi jika mesin gl pro susah hidup yang biasa saya temukan maslaah nya, jika ada kekurangan kami mohon maaf karena kami juga masih dalam tahap belajar, semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat, terima kasih.
mesin rx king kasar saat panas
Mesin motor yamaha rx king bisa dibilang sangat lah simpel, begitu pula mesin 2 stroke lainya, mesin 2 tak pada bagian head hanya berisi piston dan busi didalam nya, hal ini membuat motor 2 tak ini memiliki ciri khas saat digunakan terutama pada saat gas ditarik. yamaha rx king merupkan sepeda motor keluaran yamaha yang sangat familiar dikarenakan peminat nya yang semakin bertambah walaupun motor ini sudah bisa dikatakan tidak diproduksi lagi.
Akan tetapi motor rx king ini perlu sangat diperhatikan dalam perawatan nya untuk menjaga performa nya, selain itu cara pemakaian nya juga berpengaruh. pada saat motor ini mulai mengalami gejala mesin sudah aus, ya wajar aja sebernya namanya juga udah bertahun tahun ngaspal. hal yang sering ditemukan yaitu mesin rx king kasar terutama saat mesin panas akan terdengar lebih jelas.
Banyak sekali pasrt yang diduga pada saat mesin rx king ini mulai kasar, adapun yang perlu dicek yaitu dari sektor : piston, stang seher , laker / bearing kruk as. ketiga part tersebut merupakan yang paling awal dicurigai jika mesin terdengar berisik. akan tetapi jika sudah terlanjur dan bisa juga untuk antisipasi agar tidak mudah aus pada komponen part nya,
Berikut adalah komponen yang perlu di cek agar dapat mengurangi mesin rx king kasar saat panas :
> pastikan oli samping berfungsi dan tidak lupa mengisi jika sudah habis
> selalu memanaskan mesin sebelum motor rx king digunakan agar oli melapisi piston
> cek pen piston dan bearing bambu
> setel oli samping sedikit lebih boros
> pastkan karburator bersih dan tidak tersumbat pada bagian mainjet & pilotjet
> pastikan menggunakan busi yang sesuai dengan kebutuhan pembakaran mesin
Berikut diatas merupakan hal yang perlu diperhatikan tentng mesin rx king kasar saat panas menurut kami, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dalam perawatan sepeda motor khususnya motor 2 tak yamaha rx king.
Cara mengatasi tangki motor bocor dan rembes
Yang menyebabkan tangki motor dapat terjadi kebocoran yaitu :
1. umur sudah tergolong lama.
2. didalam tangki tidak sengaja ada benda selain bahan bakar yang masuk misal : pasir, karet, air.
3. motor tidak digunakan dalam waktu cukup lama dan tangki bahan bakar dalam kondisi kosong.
4. tutup tangki tidak rapat sehingga udara dapat masuk kedalam tangki.
Cara mengatasi tangki motor bocor :
> las tangki
> sabun mandi batang
> lem besi
> resin
> epoxy
11 September 2022
merubah arus ac ninja menjadi dc
Arus kelistrikan pada motor keluaran kawasaki 2 tak ini memakai arus kelistrikan bawaan nya yaitu arus AC.pada umum nya memang begitu sih arus yang digunakaan pada kelistrikan sepeda motor keluaran lama rata- rata masih memakai arus AC. apa sih arus AC tersebut ? menurut saya penjelasan singkat tentang arus AC ini adalah arus kelistrikan yang menggunakan arus tegangan yang berasal dari sepul yang nanti dimanfaat kan sebagai pusat penerangan pada lampu motor tersebut.
kalo dirubah jadi arus DC apa bisa ? ya bisa saja tetapi sebelum nya ada hal yang perlu kita tau bersama saat sebelum merubah nya ke arus lampu DC agar tidak terjadi kesalahan. yang terpenting adalah motor kawasaki ninja r/ ss/ rr harus memakai aki dan arus pengisian aki yang normal yah karena arus DC tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa kenormalan kedua komponen kelistrikan tersebut.
untuk merubah arus AC ninja menjadi DC tersebut sebenar nya tidaklah terlalu sulit, selagi kabnel body motor nya masih bawaan nya.
langsung aja berikut cara nya :
1. lepas jok dan tangki motor nya terlebih dahulu
2. cek kiprok / regulator, ciri kiprok ini memiliki 4 kabel yang salah satu nya bewarna kuning, jika sudah langsung putuskan atau lepas agar tidak terhubung ke kiprok dan jangan lupa ujung kabel di solasi biar gak terjadi konlset.
3. lepas bagian depan kepala atau batok lampu cari kabel berwarna kuning, lalu sambung kan kabel tersebut dengan kabel yang terhubung dengan kunci kontak yang berwarna coklat.
4. jika sudah silahkan dicek apakah sudah berhasil atau belum dengan cara nyalakan posisi on lalu nyalakan lampu utama yang terletak pada holder. jika lampu sudah menyala tanpa harus menyalakan mesin berarti berhasil. dan jika belum pastikan aki tersambung dan berfungsi ya.
berikut dia atas atdalah cara mudah merubah arus AC ninja menjadi DC dengan mudah. jika menggunakan arus DC mempunyai keuntungan yaitu lampu akan lebih stabil dan terang, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu pastikan aki dalam kondisi normal ya jika perlu gunakan voltmeter untuk memantau tegangan aki. dan satu hal lagi nih berdasarkan pengalaman saya jika bisa gunakan lampu yang LED yah agar beban arus lebih ringan.sekian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.
Restorasi yamaha alfa
Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988
-
sebab kabel body memiliki warna berbeda di setiap sepeda motor memiliki banyak kabel dengan ukuran dan berbagai warna yang berbeda dan yang ...
-
fungsi jalur kabel body suzuki rc 100 kabel body dalam sepeda motor memliki fungsi untuk menyalurkan arus kelistrikan sesuai arus untuk meme...
-
Fungsi kiprok kiprok bagi sepeda motor adalah sesuatu komponen kelistrikan yang memiliki fungsi untuk menstabilkan arus listrik dari sepul...