13 September 2022

motor mio sering mati

           Sepeda motor saat ini menjadi kendaraan yang sangat diminati terutama di indonesia, selain harga yang terjangkau dan pemeliharaan nya yang tergolong murah untuk motor kelas harian selain itu kita dipermudah untuk bepergian dengan cepat dan tidak menghabiskan biaya dan waktu yang banyak untuk sampai ke tujuan. sepeda motor yang rata rata banyak beredar adalah motor manual dan matik, soal motor matik yang diproduksi oleh merk terkenal yamaha pasti tidak asng lagi dengan yang nama nya yamaha mio. yamaha mio ini sangat digemari entah dari kalangan muda sampai yang dewasa dikarena kan modl yang cukup bagus, akan tetapi generasi mio ini sedikit tidak ramah dalam hal bahan bakar ketimbang motor manual khusus nya motor bebek. 
           Akan tetapi yamaha mio ini tidak jarang sering memiliki masalah mesin dikarenakan kurang nya perawatan maupun dikarenakan umur sepeda motor matik ini, alhasil pemilik motor akan merasa tidak nyaman memakai sepeda motor jika motor tersebut tiba tiba mesin mati dijalan seperti yang sering dialami pengguna sepeda motor terutama yang sudah berumur yang salah satunya adalah yamaha mio.

 Masalah yang menyebabkan yamaha mio sering mati dijalan : 


> yang paling sering terjadi terutama untuk mio old yaitu bagian karburator, biasanya pada karet vakum sudah pecah atau sobek. 
> bagian manipol sudah sobek pecah perlu dicek juga ya 
> keran bensin ototmatis, dikarenakan lama kelmaan jika komponen ini sudah mulai rusak saat mesin nyala dan bahan bakar tidak mau turu ke karburator.
> jika mesin pada saat dingin menyala normal tetapi mesin mulai panas mesin mati tetapi pengapian di busi masih nyala, coba cek bagian fulser magnet 
> jika semua dalam kondisi normal dapat dipastikan kondisi klep ataupun boshing klep sudah mengalami aus atau terjadi kompresi bocor, masalah yang yang sering ditemui di yamaha mio dan sulit terdeteksi adalah yang satu ini, jadi perlu kesabaaran ya kalo servis motor lawas. 

klep yamaha mio


beberapa maslaah yang terjadi pada yamha mio yang sering terjadi dan pernah pribadi kami temui adalah berikut, jika teman teman menemukan maslaah yang sama bisa dicoba atau pun bisa dibawa ke bengkel yang sudah terpercaya ya agar masalah yang terjadi pada yamaha mio nya cepat teratasi, sekian yang saya dapat sampaikan melalui artikel ini dan semoga bermanfaat, terima kasih.

warna kabel kiprok ninja r

           Ninja r adalah salah satu produk keluaran kawasaki menggunakan mesin 2 strike atau biasa disebut dengan msin 2 tak, produk kawasaki ninja ini dari termasuk sepeda motor yang banyak diminati terutama untuk kaum muda yang suka dengan kecepatan karena motor ini memang didesain sport. ninja r ini pada keluaran pertama nya menggunakan sistem super kis, dan dilanjut penyempurnaan kembali dengan mengusung teknologi super kips, dalam sektor mesin dan body tidak dilakukan perubahan yang sangat jauh, tetapi dalam sistem kelistrikan menggunakan sistem ac untuk ninja old, dan ninja new menggunakan kelistrikan dc. keberulan yang akan kita bahas saat ini adalah tentang jalur kiprok untuk ninja r, ninja r ini termasuk lumayan rumit dikarenakan dalam pengapian yang bersal dari sepul menggunakan arus dc akan tetapi dalam kelistrikan menggunakan kiprok halwave, dan satu hal lagi kiprok yang ada pada ninja tidak bisa dipakai atau diakali dengan kiprok motor lain misal honda atau yamaha ya walaupun bentuk kiprok itu hampir mirip. kenapa bisa gitu ? sepengetahuan saya cdi ninja itu memiliki limiter / batasan arus yang dipasok dari kiprok menuju cdi . 
          Jadi inti nya jika diberikan kiprok dari motor lain seperti yamaha atau honda arus yang diterima cdi akan terlalu besar dan melebihi kebutuhan arus untuk dipasok ke cdi, jika dipaksakan maka akan merusak komponen aki dan dilanjutkan ke cdi itu sendiri.jadi kiprok nya jangan sampe salah beli atau dipaksakan dengan motor lain dan yang sering kita jumpai jika soket kiprok sudah pernah diputus atau disambung sering terjadi kesalahan dalam pemasangan nya. maka akan kami berikan contoh warna kabel kiprok nija r.

Berikut adalah warna kabel kiprok ninja serta penjelasan nya : 


 

   1

    2

   4

   3

 





blok hitam (arah pin soket )


1. hitam strip kuning > massa ( negatif )

arus ini berfungsi untu memberikan arus negatif  yang berpusat pada mesin atau seluruh rangka motor.

2. biru strip putih > aki (positif)

arus ini menuju ke aki yang berguna untuk melakukan penghisian ulang arus aki.

3. putih strip hitam > input spull (positif )

arus input sepul adalah arus masuk ke kiprok yang bersumber dari sepul yang terletak pada bagian bak kiri atau bak magnet.

4. kuning > lampu (positif )

arus ini berfungsi untuk memberikan arus lampu yang lebih tepat nya untuk mengaliri arus untuk lampu depan dll. 

berikut diatas merupakan warna kabel kiprok ninja beserta dengan penjelasan nya tsemoga dapat memberikan informasi dan brmanfaat untuk kita semua. terima kasih.

cara menambal tangki bocor dengan resin


tangki motor rc

tangki motor rc


             Tangki bahan bakar dalam suatu kendaraan sangatlah penting dan perlu diperhatikan, jika mengalami kerusakan akan sangat merepotkan dalam penggunaan kendaraan tersebut dan akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan misalnya akan sangat mudah kendaan itu dapat terbakar jika terjadi ke tledoran dan untuk masalah ringan nya akan terasa percuma mengisi bahan bakar yang sudah dibeli jika tangki tersebut mengalami kebocoran alhasil bahan bakar tersebut terbuang percuma, berikut perihal tentang kerusakan tangki bahan bakar yang sering kita jumpai yaitu adalah masalah kebocoran, untuk sebagian orang jika harus mengganti tangki baru memerlukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu entah dari segi biaya dan segi menjaga keutuhan komponen kendaraan tersebut. berati jika terjadi kebocoran tangki dan ingin tetap tidak perlu untuk mengganti baru dan bisa dikatakan low budget masih ada beberapa cara lain kok mulai darai dilem, dilas, dempul, epoxy, dan resin. tetapi menurut saya yang paling kuat adalah menggunakan resin, nah akan tetapi bagaimana si pengguanaan nya buat teman teman yang belum tau cara nya ?

Cara nya berikut dibawah untuk menambal tangki bocor dengan menggunakan resin : 

> lepas tangki dari dudukan atau body 
> kuras bahan bakar dan lepas keran agar tidak tertutup resin saat kering
> bersihkan bekas bahan bakar dengan air dan sabun sampai benar benar bersih
> keringkan sisa bekas air 
> tutup lubang baut keran atau keran dengan kertas atau dengan plester agar resin tidak tumpah keluar
> siapkan resin dengan ukuran 100 : 10 artinya, 100 resin, 10 catalis, biasnaya untuk tangki motor menggunakan kisaran 300 sampai gram sesuaikan tergantung kebutuhan. dan aduk resin sampai benar benar tercampur rata lalu masukan kedalam tangki.
> jika sudah  goyangkan tangki sampai terasa mengalir dan rata lalu tunggu higga kering sekitar 24 jam .  

berikut diatas adalah cara dan penjelasan yang dapat kami sajikan tentang cara menambal tangki bocor dengan resin, semoga dapat bermanfaat untuk semua dan dapat menambah wawasan tentang informasi dunia otomotif, terima kasih.

baca juga : mengatasi tangki motor rembes dan bocor

12 September 2022

mesin gl pro susah hidup


gambar motor cb


    Honda gl pro merupakan generasi penerus dari pendahulu nya yaitu honda cb 100. honda gl pro sendiri memiliki beberapa tipe yaitu gl pro series, pro neoteck, dan max neoteck akan tetapi hampir keseluruhan komponen mesin yang digunakan hampir memiliki kesamaan. honda gl pro ini juga memiliki keunggulan mesin yang bertenaga dan masih irit bahan bakar dibanding dengan motor dengan cc sekelas nya. 

       Akan tetapi untuk saat ini yang sering terjadi maslah pada mesin dikarenakan mesin umur mesin motor honda gl pro ini sudah termasuk keluaran lama jadi wajarlah kalo kadang terjadi kerusakan yang mana entah masalah ringan sampai berat. untuk kasus honda gl pro ini yang sering terjadi adalah hilang nya pengapian dan susah menyala apalagi pada saat mesin dingin.

Berikut adalaha hal yang perlu dicek ketika mesin gl pro susah hidup : 

> cek keadaan busi apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak dapat dipakai lagi.
> cek pada kabel koil apakah masih dapat memercikan aki, dengan cara lepas tutup busi lalu tempelkan pada mesin dan engkol motor jika masih manyala berati pengpian masih menyala, jika tidak langsung coba lakukan hal yang sama tetapi kabel yang ditempelkan ke massa/ mesin melalui kabel yang dari arah sepul yang terletak pada bak kiri magnet. 
> cek fulser, ini untuk honda hl pro yang memakai fulser atau gl pro cdi nya, caranya bisa lepas kabel warna putih garis merah dan putih garis hijau lalu sambung dengan lampu led kecil misal yang ada dikorek api senter, (cara ini untuk mengecek jika tanda tanda motor gl pto mati disaat mesin panas, jika dingin menyala normal).
> coba cek karburator dan bersihkan.
> cek spin magnet / ganjal magnet biasanya jika ada arus yang keluar tetapi motor tidak bisa menyala hal ini yang sering terjadi yaitu spin magnet patah.
> dan satu lagi jika motor susah menyala dan semua hal diatas sudah dilakukan adalah sekur klep , dapat dipastikan klep motor gl pro ini mengalami kebocoran.

berikut diatas adalah beberapa masukan dan solusi jika mesin gl pro susah hidup yang biasa saya temukan maslaah nya, jika ada kekurangan kami mohon maaf karena kami juga masih dalam tahap belajar, semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat, terima kasih.

baca juga : mengatasi mesin rx king kasar saat panas

mesin rx king kasar saat panas

         Mesin motor yamaha rx king bisa dibilang sangat lah simpel, begitu pula mesin 2 stroke lainya, mesin 2 tak pada bagian head hanya berisi piston dan busi didalam nya, hal ini membuat motor 2 tak ini memiliki ciri khas saat digunakan terutama pada saat gas ditarik. yamaha rx king merupkan sepeda motor keluaran yamaha yang sangat familiar dikarenakan peminat nya yang semakin bertambah walaupun motor ini sudah bisa dikatakan tidak diproduksi lagi. 

        Akan tetapi motor rx king ini perlu sangat diperhatikan dalam perawatan nya untuk menjaga performa nya, selain itu cara pemakaian nya juga berpengaruh. pada saat motor ini mulai mengalami gejala mesin sudah aus, ya wajar aja sebernya namanya juga udah bertahun tahun ngaspal. hal yang sering ditemukan yaitu mesin rx king kasar terutama saat mesin panas akan terdengar lebih jelas. 

     Banyak sekali pasrt yang diduga pada saat mesin rx king ini mulai kasar, adapun yang perlu dicek yaitu dari sektor : piston, stang seher , laker / bearing kruk as. ketiga part tersebut merupakan yang paling awal dicurigai jika mesin terdengar berisik. akan tetapi jika sudah terlanjur dan bisa juga untuk antisipasi agar tidak mudah aus pada komponen part nya, 

Berikut adalah komponen yang perlu di cek agar dapat mengurangi mesin rx king kasar saat panas : 

>  pastikan oli samping berfungsi dan tidak lupa mengisi jika sudah habis
>  selalu memanaskan mesin sebelum motor rx king digunakan agar oli melapisi piston
>  cek pen piston dan bearing bambu 
>  setel oli samping sedikit lebih boros
> pastkan karburator bersih dan tidak tersumbat pada bagian mainjet & pilotjet
> pastikan menggunakan busi yang sesuai dengan kebutuhan pembakaran mesin 

Berikut diatas merupakan hal yang perlu diperhatikan tentng mesin rx king kasar saat panas menurut kami, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dalam perawatan sepeda motor khususnya motor 2 tak yamaha rx king.

baca juga : mengatasi tangki motor rembs dan bocor 

Cara mengatasi tangki motor bocor dan rembes

              setiap kendaraan bermotor pasti selalu memiliki tempat penyimpanan bahan bakar yang pasti berfungsi sebagai penampungan bahan bakar. tangki setiap sepeda motor memiliki bentuk yang berbeda tergantung dengan model sepeda motor nya. dikarenakan bahan bakar tersebut berada didalam tangki motor yang berbahan besi, hal yang sangat lah wajar jika lama kelamaan tangki tersebut mulai berkarat dan perlahan bocor, setiap kebocoran ini juga tidak dapat diduga tergantung perawatan motor & seberapa kuat bahan dari tangki motor tersebut. 

 Yang menyebabkan tangki motor dapat terjadi kebocoran yaitu :


1. umur sudah tergolong lama.

2. didalam tangki tidak sengaja ada benda selain bahan bakar yang masuk misal : pasir, karet, air. 

3. motor tidak digunakan dalam waktu cukup lama dan tangki bahan bakar dalam kondisi kosong.

4. tutup tangki tidak rapat sehingga udara dapat masuk kedalam tangki. 


jika tangki motor nya sudah rembes atau bahkan bocor hal ini cukup berbahaya jika saat motor dipaksakan digunakan jika terjadi konslet ataupun tersambar api pada saat bahan bakar menetes. tetapi jika untuk mengganti tangki dengan yang baru kalau menurut saya sih untuk harganya lumayan mahal juga si.
tetapi jika belum ada ongkos buat beli tangki baru masih ada cara lain kok. berikut adalah beberapa alternatif nya .

Cara mengatasi tangki motor bocor : 


> las tangki 

   las tangki motor yang bocor ini merupakan cara yang paling kuat akan tetapi sebelum dilas sebaik nya tangki harus benar benar bersih dari bahan bakar ya. 

> sabun mandi batang

   cara ini hanya bersifat sementara tetapi jika darurat juga bisa sangat membantu, cara nya pada bagian yang rember digesekan dengan sabun mandi batang. 

> lem besi 

    cara nya hanya perlu mencari pusat bocor pada tangki lalu dilem dengan lem besi. lem besi sangat banyak dan mudah ditemui ditoko material contoh merek : plastic steel , araldit, epoputty, dll.

> resin 

cara pengaplikasian nya dengan cara mencampur resin dengan catalis sekitar 1/4 atau 1/2 tergantung kebutuhan dan masukan ke dalam tangki dan tunggu 24jam / sampai kering. (dengan catatan sebelum nya bersihkan dari sisa bahan bakar agar resin kuat menempel).

> epoxy

epoxy jika dimasukan dalam tangki dapat menutup pori pori tangki yang sudah korosi, cara ini biasanya digunakan untuk pencegahan kebocoran terutama untuk tangki motor tua/ lawasan. 

berikut diatas merupakan cara mengatasi tangki motor yang bocor maupun rembes yang paling mudah menurut kami, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

11 September 2022

merubah arus ac ninja menjadi dc

    

gambar soket kabel

Arus kelistrikan pada motor keluaran kawasaki 2 tak ini memakai arus kelistrikan bawaan nya yaitu arus AC.pada umum nya memang begitu sih arus yang digunakaan pada kelistrikan sepeda motor keluaran lama rata- rata masih memakai arus AC. apa sih arus AC tersebut ? menurut saya penjelasan singkat tentang arus AC ini adalah arus kelistrikan yang menggunakan arus tegangan yang berasal dari sepul yang nanti dimanfaat kan sebagai pusat penerangan pada lampu motor tersebut. 

kalo dirubah jadi arus DC apa bisa ? ya bisa saja tetapi sebelum nya ada hal yang perlu kita tau bersama saat sebelum merubah nya ke arus lampu DC agar tidak terjadi kesalahan. yang terpenting adalah motor kawasaki ninja r/ ss/ rr harus memakai aki dan arus pengisian aki yang normal yah karena arus DC tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa kenormalan kedua komponen kelistrikan tersebut. 

untuk merubah arus AC ninja menjadi DC tersebut sebenar nya tidaklah terlalu sulit, selagi kabnel body motor nya masih bawaan nya. 
langsung aja berikut cara nya :

1. lepas jok dan tangki motor nya terlebih dahulu

2. cek kiprok / regulator, ciri kiprok ini memiliki 4 kabel yang salah satu nya bewarna kuning, jika sudah langsung putuskan atau lepas agar tidak terhubung ke kiprok dan jangan lupa ujung kabel di solasi biar gak terjadi konlset.

3. lepas bagian depan kepala atau batok lampu cari kabel berwarna kuning, lalu sambung kan kabel tersebut dengan kabel yang terhubung dengan kunci kontak yang berwarna coklat.

4. jika sudah silahkan dicek apakah sudah berhasil atau belum dengan cara nyalakan posisi on lalu nyalakan lampu utama yang terletak pada holder. jika lampu sudah menyala tanpa harus menyalakan mesin berarti berhasil. dan jika belum pastikan aki tersambung dan berfungsi ya. 

berikut dia atas atdalah cara mudah merubah arus AC ninja menjadi DC dengan mudah. jika menggunakan arus DC mempunyai keuntungan yaitu lampu akan lebih stabil dan terang, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu pastikan aki dalam kondisi normal ya jika perlu gunakan voltmeter untuk memantau tegangan aki. dan satu hal lagi nih berdasarkan pengalaman saya jika bisa gunakan lampu yang LED yah agar beban arus lebih ringan.sekian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih. 

baca juga : warna kabel lampu yamaha fiz r

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988