10 Oktober 2022

12 cara merawat motor matic agar tetap awet


gambar honda beat





semua pemilik motor pasti ingin motor yang dipakai setiap hari terasa nyaman digunakan dan tetap awet dan tetap terlihat baru meski motor sudah lama sekalipun. akan tetap awet atau tidak nya sepeda motor tergantung dari cara merawat motor terutama motor matic dikarenakan motor matic perlu rutin pengecekan dikarenakan pada sektor cvt tidak dapat dicek dengan tanpa dibongkar seperti hal nya motor bebek yang dapat dicek kondisi rantai nya. 
dalam merawat motor matic setiap orang memiliki cara yang kadang berbeda yang pasti pada bagian mesin perlu diutamakan karena sparepart bagian dalam lumayan menguras kantong lagi pula kalo servis bagian dalam mesin gak butuh waktu yang cepet juga bisa sampe nginep motor nya. untuk menghindari kerusakan berikut.

cara merawat motor matic agar tetap awet dalam jangka waktu panjang jika digunakan sehari dan terlihat seperti baru : 


1. panaskan mesin 10 menit sebelum motor digunakan 

hal ini diperlukan karena pada saat mesin off apalagi setelah semalaman oli yang berada pada mesin sudah mengendap maka jika dipanaskan terlebih dahulu untuk membuat oli mesin naik terlebih dahulu. 

2. pastikan AKI dalam kondisi normal

jika terjadi tanda tanda AKI mulai drop segera cek atau segera ganti baru, selain nanti merepotkan jika aki tekor perlu engkol dapat menyulitkan dan bahkan untuk motor matic injeksi motor akan bermasalah jika aki sampai drop atau sampai tekor.

3. cek kesehatan bagian cvt

dikarenakan motor matic, berbeda dengan motor manual yang menggunakan rantai. motor matic menggunakan vanbelt dan roller pastikan dicek pada saat servis jika sudah tidak layak perlu diganti uatamakan yang original ya kalo putus repot soalnya lumayan sulit bongkar bagian cvt.

4. servis rutin 

motor matic yang digunakan untuk sehari hari perlu servis rutin tergantung dengan jarak tempuh nya, terutama untuk matic yang masih karbu perlu untuk membersihkan karburator agar tidak ada kotoran yang dapat menyumbat bagian dalam karburator, dan rutin mengganti saringan pada filter misal tiap per 2x servis. 

5. tekanan angin ban 

selalu control kondisi ban entah kempes atau sudah halus, jika kempes segera pompa terlebih untuk berboncengan atau membawa beban jika ban kempes dapat merusak bagian daun velg.

6. jangan sampai kehabisan bensin

terutama motor matic injeksi usahakan jangan kehabisan bensin karena dapat merusak komponen injektor nya dan terlebih itu usahakan menggunakan bahan bakar yang oktan nya tinggi ya. 

7. gas stabil 

pada saat menggunakan motor matic perlu stabil agar tidak merusak bagian cvt jika gas diayun atau digas cepat. selain untuk menjaga keamanan pengendara juga membuat motor tetap awet.

8. servis rutin

selalu servis tepat waktu akan tetapi selalu servis di bengkel resmi agar tidak terjadi keslaahan dalam servis.

9. ganti oli secara rutin

ganti oli bisa dikur dari berapa jarak tempuh motor misal ganti oli per 20.000 kilo tetapi lebih efisien ganti oli bersamaan saat servis.

10. menganti oli shock breker jika diperlukan

jika shock breker sudah terasa kurang nyaman pastikan segera ganti dengan yang baru dikarenakan oli sudah tidak dapat membuat peredam kejut dalam penggantian oli shock cek juga seal shock nya. 

11. cuci motor jika kotor

motor jika kondisi bersih selain enak dipandang adapula hal yang menguntungkan yaitu cat motor akan awet dan bagan as shock juga awet karena debu atau pasir yang berada di as shock jika dalam jangka waktu panjang tidak segera dibersihkan dapat membuat karat dan luka pada bagian as shock dan mengakibatkan seal shock robek.

12. gunakan standar 2 

pada saat motor sudah akan di istirahatkan pastikan dalam posisi standar 2 , karena cara ini dapat membuat as shock dalam posisi terangkat / tidak menekan terus terusan. 

jika motor yang dipakai dirawat dan nyaman dikendarai akan membuat pengendara motor aman dan nyaman saat mengemudi, mungkin dapat membuat repot jika belum terbiasa, akan tetapi jika perlu dibiasakan dikarenakan jika terjadi kerusakan akan membuat pengeluaran untuk mengganti sparepart akan lebih banyak. mungkin itu  saja tetntang tips dari saya teruntuk cara merawat motor matic agar tetap awet.










Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988