21 September 2022

cara setting klep tiger

 



kunci stel klep

 

apa saja yang  perlu disiapkan sebelum  stel klep tiger 

1.       Kunci L stel klep
2.       Kunci ring ukuran 24 / kunci ingris 
3.       Fuller gauge 
4.       Obeng –
5.       Kunci T ukuran 14
6.       Kunci ring ukuran 10 

 

Penyetelan klep dilakukan saat klep sudah mulai kendor / renggang , karena klep yang sudah renggang sering kali membuat risih karena mendengar suara mesin yang berisik maka harus segera dilakukan penyetelan klep agar tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin lain nya.

 

  Beberapa hal yang harus dilakukan pada saat stel klep tiger :

  • bongkar tutup bak yang ada di bak kiri atau bak magnet tiger dan tutup timing atas supaya nanti diwaktu stel klep posisi sudah pada posisi top.
  • Mencari posisi top bisa dengan memasukan kun T 14 lewat bak kiri untuk memutar magnet dan mencari posisi top atau posisi TMA.
  • Untuk memastikan silahkan buka busi. Pastikan posisi piston sudah benar- benar di posisi paling atas 
  • Lepas rantai keteng dari gigi sentrik (hati-hati jangan sampai rantai lepas dan jatuh kebawah)
  • Buka tutup stelan klep yang terletak diatas kop 
  • Kendorkan stelan klep tersebut bis amulai dari in atau ex dulu
 

setting klep


 

  • Jika sudah dikendorkan stelan pelatuk klep nya silahkan distel sesuai dengan ukuran keinginan tapi jangan asal, klep in dan ex harus sama renggang pelatuk nya, 
  • Gunakan fuller agar ukuran klpe in dan ex sama, biasanya saya menggunakan ukuran 0,10 rata untuk in dan ex atau bisa juga 0.08 in dan 0,10 ex.
  • Jika sudah silahkan dipasang kembali, dalam pesangan gigi sentrik / atau gear rantai klep seperti semua ya misal seperti ini sebelum dilepas ditandai dulu.

gambar gigi timing



Perlu juga diketahui beberapa akibat stel klep tiger terlalu kendor dan terlalu kencang

1. Jika stel klep tiger terlalu kendor 

suara mesin akan kasar, noken as akan cepat rusak karena benturan terlalu keras dengan sepatu pelatuk klep.

2. Jika stel klep tiger terlalu rapat 

 motor akan berat / tenaga nya ngempos, noken as bisa terpasap sepatu pelatuk klep, tidak bisa langsam dan boros bbm

Mungkin itu saja tentang cara stel klep tiger yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat menambah wawasan tentang wawasan tentang otomotif dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 baca juga kelebihan honda tiger lawas

20 September 2022

kelebihan tiger lawas

 

honda tiger lawas

Honda tiger lawas semakin banyak diburu peminat nya, ini alasanya bro

 

     Hingga saat ini Honda tiger lawas si macan tua yang  muncul sekitar tahun 1993 tetapi hingga saat ini seakan penggemar nya yang tak pernah surut, tetapi malah semakin banyak dari generasi muda sampai usia dewasa. padahal motor ini sudah di stop produksi dan dilanjut dengan generasi penerusnya tiger 2000 new super cruiser dan berlanjut keluarlah Honda tiger revo.

     Akan tetapi semakin tua tiger lawas atau tilas masih tetap menjadi incaran buruan para bikers. Soalnya untuk harga pasaran nya Honda tiger lawas ini malah diatas kedua generasi penerusnya.

kenapa sih kok bisa malah yang udah tua malah diincar ?? , padahal biasanya kan prinsipnya kalo keluaran baru itu perbaikan dan pembaruan produk, bisa aja dikarenakan keluaran pertama dan unit yang dalam keadaan normal bisa dibilang hanya tinggal sedikit ya jelas kalo missal diajak jalan ya pasti deh bakal jadi pusat perhatian.

Keseluruhan unit Honda tiger series memiliki banyak persamaan nya alias Cuma dikit perubahanya. Hanya saja pada tiger revo merubah keseluruan body cover, pengereman dan suspense. jika dilihat dari segi mesin kurang lebih masih sama menggunakan mesin 200cc. Akan tetapi khusus tiger lawas memiliki pesona tersendiri bagi para pecinta Honda tiger maupun kolektor.

Yang membuat lebih menarik dari tiger lawas yaitu :

. dari segi bodi cover set terlihat lebih simple dan garang                                                                 

. sebagian besar sparepart honda tiger lawas made in jepang jadi lebih awet tetapi harga part juga       bebeda harga nya sedikit lebih mahal.

.harga pajak kendaraan jauh lebih murah kalo disbanding Honda tiger penerusnya

.unit sudah tidak terlalu banyak terutama dalam kondisi original bawaan dari barunya, rata-rata sudah direstorasi tapi hasil nya sih tetep aja sama keren nya.

.harga unit yang terus naik karena semakin banyak yang ngidam pengen punya ntah buat dikoleksi atau malah dijual kembali efeknya berangsur- angsur harga perahan naik.

Nah mungkin itu saja beberapa hal yang membuat tiger lawas menjadi lebih menarik menurut sepengetahuan saya, Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan. Terima kasih

 baca juga warna kabel body tiger

warna kabel body tiger

 

Mengetahui arti warna kabel bodi pada tiger

Kabel bodi kelistrikan pada motor sering kali menyulitkan jika umur motor tersebut mulai tua, sering kali kabel rentan putus kabel bagian dalam atau terbakar akibat terjadinya konslet. Terutama pada bagian output lampu yang sangat rentan terbakar, jika sudah terjadi yang harus dilakukan yaitu membongkar jalur kabel dan diurut mulai dari jalur sepul sampai ke saklar.

Sebelum memulai silahkan dicocokan terlebih dahulu warna kabel sesuai fungsi nya agar tidak terjadi kesalahan berikut adalah keterangan arti warna kabel bodi untuk Honda tiger.

 

Arti Warna kabel Honda tiger

Warna merah (+) arus positif aki
Warna kuning tua (+) saklar lampu
Warna biru muda (+) lampu sein kanan
Warna orange (+) lampu sein kiri
Warna coklat (+) lampu kota
Warna biru putih (+) lampu dekat
Warna biru polos (+) lampu jauh
Warna hitam putih (+) kunci kontak
Warna hitam polos (+) kunci kontak
Warna biru kuning (+) pulser cdi
Warna hitam merah (+) sepul cdi
Warna hitam kuning (+) koil
Warna kuning (+) pengisian aki
Warna kuning (+) pengisian aki
Warna kuning merah (+) sepul jalan
Warna hijau merah (+) lampu netral
Warna hijau polos (-) masa
Warna hijau kuning (-) masa koil

 

Mungkin itu saja tentang arti warna kabel  kelistrikan  Honda tiger , semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu, sekian dan terima kasih.

baca juga warna kabel cdi tiger

warna kabel cdi tiger


fungi cdi pada sepeda motor

cdi memiliki peran yang sangat penting dalam komponen sistem kelistrikan sepeda motor, walaupun bentuk nya bisa dibilang hanya kecil tapi tanpa adanya cdi sepeda motor tidak akan bisa menyala, seberapa penting sih cdi untuk sepeda motor ? cdi merupakan komponen kelistrikan tahap kedua, sebelum listrik dianter ke cdi pertama diarahkan dari pulser menuju cdi. Fungsi dari cdi tersebut yaitu sensor untuk mengeluarkan percikan yang disalurkan melaui koil dan dikeluarkan oleh si busi pada saat posisi top / piston berada dalam posisi TmA.

Cdi pada sepeda motor ada beberapa jenis yaitu cdi AC dan DC, yang akan kita bahas yaitu cdi Honda tiger, Honda tiger memakai cdi berjenis arus AC. Cdi Honda tiger ini memiliki 6 lubang soket kabel arus.

Dalam soket kabel tersebut ada beberapa kabel yang memiliki warna dan arus yang berbeda beda, jadi agar lebih jelas nya langsung aja bro kita bahas bersama – sama :

 

 Ilustrasi jalur kabel cdi tiger

 

1

2

 

3

4

5

 

6

 

 

 

 

Blok hitam ( arah pin soket )

 

 

1 biru kuning (+) fulser

 Jalur kabel ini keluar dari fulser / dari bak kiri mesin langsung masuk ke cdi, untuk memberikan arahan sensor pada cdi

2 hitam kuning (+) koil

Jalur kabel arus keluar dari cdi menuju ke koil, dapat dikatakan penerus arus yang masuk dari kabel fulser

3. kosong

Dari bawaan nya soket untuk jalur ini kosong

4 hijau (-) massa

Kabel massa ini yang akan disebar keseluruh sistem pengapian motor tiger 

5 hitam putih (+) kontak

Kabel ini langsung menuju ke kunci kontak untuk on off mesin

6 hitam merah (+) sepul

kabel yang masuk ke cdi dari bak mesin kiri yang memasok pengapian yang akan disalurkan ke dalam ruang bakar

mungkin itulah penjelasan tentang jalur kabel cdi tiger yang saya pahami mungkin dengan adanya artikel ini dapat membantu teman- teman yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

 baca juga warna kabel kiprok tiger

warna kabel kiprok tiger


Fungsi kiprok pada sepeda motor

Lampu pada sepeda motor adalah komponen yang memiliki peranan penting dalam pemakaian sepeda motor karena merupakan sumber penerangan dan juga berguna untuk keamanan maupun keselamatan jika berkendara malam hari maupun siang hari. lampu sepeda motor dapat menyala dengan terang terbentuk melalui beberapa jalur terlebih dahulu perlu adanya bantuan dari komponen yang bernama kiprok untuk menyetabilkan arus yang masuk dari sepul agar lampu tidak mudah putus.

Apakah lampu motor dapat menyala kalau gak dipasang kiprok ? jawabanya masih dapat menyala tapii….

Tapi lampu akan tidak stabil atau pada putaran mesin tinggi akan putus atau lampu itu akan sangat redup. Fungsi dari kiprok adalah menghantarkan arus dari sepul agar stabil dan juga memberikan arus untuk pengisian aki.

Ada beberapa jenis kiprok yang digunakan untuk sepeda motor yaitu halfwave dan fulwave, bedanya yang mudah itu bisa dengan dilihat saja, halfwave memiliki 4 pin soket , dan fullwave memiliki 6 pin soket.

Seperti yang akan kita bahas tentang jalur kiprok tiger, Honda tiger menggunakan kiprok jenis fulwave yaitu dengan 6 pin tetapi yang digunakan hanya 5 pin saja. Kiprok jenis ini menggunakan 2 pengisian aki, beda hal nya dengan halfwave yang hanya menggunakan 1 pengisian aki saja.

 

 

 

1

  2  

  3

 4

  5

  6

 

Blok hitam ( arah pin soket )

 

Berikut penjelasan tentang jalur kiprok tiger :

1   aki (+) merah

Jalur positif dari kiprok menuju ke aki

2   hitam (+) arus menuju saklar

Jalur dari kiprok yang keluar menuju kekunci kontak dan untuk lampu penerangan

 

3 .hijau (-) masa

Kabel ground untuk masa setiap arus positif

 

4 .kuning (+) arus pengisian

Arus pengian ulang untuk aki

5 kosong

6. kuning (+) arus pengisian

Arus pengian ulang untuk aki

Jalur kiprok tiger memang sedikit berbeda dengan kelistrikan motor lainya karena dolam pengisian aki, Honda tiger ini memiliki 2 pengisian dikarenakan menggunakan lampu ber arus DC / arus yang stabil, jadi penggunaan aki pada motor ini sangatlah penting agar lampu utama dan lampu lainya dapat menyala sempurna.

Mungkin itu saja pembahasan tentang jalur kiprok tiger semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih .

baca juga cara pasang velg rcb pnp cb

17 September 2022

pasang velg rcb pnp cb

 Cara pasang velg rcb pnp Honda cb 

velg rcb pnp cb


Modifikasi Honda cb saat ini memang sudah menjadi trend saat ini, hal yang sering di upgrade mulai dari suspense, kaki- kaki, bodi bahkan mesin bahkan hampir keseluruan menggunakan part motor lain yang dianggap lebih mumpuni biar tambah keren dan nyaman dikendarai.

Mengganti setiap sparepart yang akan dipasang tidak bisa langsung pasang atau tidak plug and play jadi perlu penyesuaian yang dilakukan agar bisa terpasang dan berfungsi dengan baik. Seperti hal yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu cara pemasangan velg rcb Yamaha di Honda cb, tetapi  apa yang perlu yok langsung aja.


“owh iya kebetulan yang saya pasang pake shock depan ninja dan belakang pake swing arm kaze ya bro”

 

Nap gear rx king / Yamaha lainya Ada bebrapa sparepart yang perlu diganti, jadi perlu disiapkan sebelum pemasangan velg rcb

Bearing depan 6202 2 pcs

Bearing belakang 6301 2 pcs

Bearing nap gear 6004

Bos gear rx king

yang sejenis

Tutup kampas king atau gl pro 

Disk Yamaha lobang 4

Boshing diameter 15mm

Dan kunci-kunci untuk bongkar pasang jangan lupa gerinda untuk potong boshing, “kalo gak ada hmm pinjem tetangga aja gpp kali yah hehe..”


Proses pemasangan nya dari belakang dulu aja ya:

Dari roda belakang dulu aja nih 

Pertama pasang bearing di roda lalu siapkan boshing 15mm lalu dipotong sepanjang jarak masuk bearing didalam velg.

Lalu potong boshing nap gear rx king panjang nya sampai rata denga bearing yang ada di nap gear rx king.

Pasang dan masukan as roda belakang dan diukur posisi untuk pemotongan boshing kanan dan kiri bagian luar secukup nya 

“pastikan dalam pembuatan boshing ini presisi ya broo terutama posisi rantai lurus antara gear depan dan belakang dan roda pas ditengah” 

velg rcb pnp cb

Pemasangan buat yang depan 

kurang lebih nya hampir sama dengan proses yang belakang pada tahap pembuatan boshing hanya saja depan perlu buat braket caliper untuk pemasangan rem depan nya.

“disesuaikan tergantung diameter disk cakram dan pastikan center yaa biar gak seret rodanya, hhheee”

velg rcb pnp cb

velg rcb pnp cb


Setelah beberapa tahap berproses akhirnya bisa kepasang deh velg rcb nya di motor, jadi keliatan lebih simple dan keren ya bro.

gambar belg rcb pnp cb


Mungkin itu aja sih buat temen-temen yang barangkali mau pasang velg rcb di motor Honda cb, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

 baca juga : tips membeli yamaha fiz R

tips membeli yamaha fizR

 

GAMBAR YAMAHA FIZR


Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminang Yamaha F1ZR

Kabar gembira nih untuk pecinta motor 2 tak yang salah satunya yaitu Yamaha F1ZR yang saat ini mulai banyak diminati kembali dan yang pasti akan menjadi incaran untuk meminang Yamaha F1ZR, terutama para kolektor yang pasti pengen nambahin koleksinya, alhasil ya pasti deh makin banyak yang buru ya harga nya makin naik deh. Menurut saya sih sah sah aja soalnya dulu motor Yamaha F1ZR pernah jadi idola para pemuda dimasanya, ya mungkin aja yang dulu nya punya kenangan indah pengen bernostalgia atau mungkin yang diwaktu itu pernah memimpikan tapi belum kesampean punya dan baru bisa diwujudkan sekarang, “mungkin sih soalnya saya salah satunya hhee”.

      Dikarenakan motor bebek ini tergolong motor yang lumayan berumur tapi kalomasalah  performa sih udah gak diragukan lagi. kalo dibandingin motor keluaran baru gak kalah ganas apalagi kalo tuh motor kondisi nya masih kerawat, tapi kebanyakan yang udah saya temuin ya musti dibenerin lagi sih,  nih ada beberapa masukan buat kalian yang barangkali mau punya yamaha F1ZR .

 

Tips dari saya Bagi yang ingin membeli motor Yamaha F1ZR yang perlu diperhatikan :


1. Berkas kelengkapan kendaraan

     Yang pertama dan paling penting nih, pastiin surat nya lengkap yahh, dan jangan lupa pastiin semua berkas akur ya.


2. cek mesin & jalur kelistrikan

     Cek teliti terutama dibagian mesin sama jalur kelistrikan, biasanya sih kalo kabel bodi masih bawaan nya rata-rata motor belom pernah kesentuh sama tangan-tangan ajaib hhe. Kalo masalah bodi sih piker nanti aja yang diutamain mesin nya dulu.


3.  cek bagian rangk frame

Kaki-kaki dan rangka jangan lupa dicek juga takutnya ada yang gak center atau malah keropos 


4. Budget / harga

     Masalah harga nya yah sesuai dengan budget aja sukur-sukur ya barang bagus harga murah “pengen nya”.

5. Sabar

     Yang terakhir yaitu sabar, kalo belum ada yang cocok ya sabar aja jangan keburu pengen ngegassss , pelan aja asal dapet yang oke.


Mungkin itu saja sih beberapa tips menurut saya pribadi yang harus diperhatikan dalam meminang Yamaha F1ZR semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988