12 September 2022

mesin gl pro susah hidup


gambar motor cb


    Honda gl pro merupakan generasi penerus dari pendahulu nya yaitu honda cb 100. honda gl pro sendiri memiliki beberapa tipe yaitu gl pro series, pro neoteck, dan max neoteck akan tetapi hampir keseluruhan komponen mesin yang digunakan hampir memiliki kesamaan. honda gl pro ini juga memiliki keunggulan mesin yang bertenaga dan masih irit bahan bakar dibanding dengan motor dengan cc sekelas nya. 

       Akan tetapi untuk saat ini yang sering terjadi maslah pada mesin dikarenakan mesin umur mesin motor honda gl pro ini sudah termasuk keluaran lama jadi wajarlah kalo kadang terjadi kerusakan yang mana entah masalah ringan sampai berat. untuk kasus honda gl pro ini yang sering terjadi adalah hilang nya pengapian dan susah menyala apalagi pada saat mesin dingin.

Berikut adalaha hal yang perlu dicek ketika mesin gl pro susah hidup : 

> cek keadaan busi apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah tidak dapat dipakai lagi.
> cek pada kabel koil apakah masih dapat memercikan aki, dengan cara lepas tutup busi lalu tempelkan pada mesin dan engkol motor jika masih manyala berati pengpian masih menyala, jika tidak langsung coba lakukan hal yang sama tetapi kabel yang ditempelkan ke massa/ mesin melalui kabel yang dari arah sepul yang terletak pada bak kiri magnet. 
> cek fulser, ini untuk honda hl pro yang memakai fulser atau gl pro cdi nya, caranya bisa lepas kabel warna putih garis merah dan putih garis hijau lalu sambung dengan lampu led kecil misal yang ada dikorek api senter, (cara ini untuk mengecek jika tanda tanda motor gl pto mati disaat mesin panas, jika dingin menyala normal).
> coba cek karburator dan bersihkan.
> cek spin magnet / ganjal magnet biasanya jika ada arus yang keluar tetapi motor tidak bisa menyala hal ini yang sering terjadi yaitu spin magnet patah.
> dan satu lagi jika motor susah menyala dan semua hal diatas sudah dilakukan adalah sekur klep , dapat dipastikan klep motor gl pro ini mengalami kebocoran.

berikut diatas adalah beberapa masukan dan solusi jika mesin gl pro susah hidup yang biasa saya temukan maslaah nya, jika ada kekurangan kami mohon maaf karena kami juga masih dalam tahap belajar, semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat, terima kasih.

baca juga : mengatasi mesin rx king kasar saat panas

mesin rx king kasar saat panas

         Mesin motor yamaha rx king bisa dibilang sangat lah simpel, begitu pula mesin 2 stroke lainya, mesin 2 tak pada bagian head hanya berisi piston dan busi didalam nya, hal ini membuat motor 2 tak ini memiliki ciri khas saat digunakan terutama pada saat gas ditarik. yamaha rx king merupkan sepeda motor keluaran yamaha yang sangat familiar dikarenakan peminat nya yang semakin bertambah walaupun motor ini sudah bisa dikatakan tidak diproduksi lagi. 

        Akan tetapi motor rx king ini perlu sangat diperhatikan dalam perawatan nya untuk menjaga performa nya, selain itu cara pemakaian nya juga berpengaruh. pada saat motor ini mulai mengalami gejala mesin sudah aus, ya wajar aja sebernya namanya juga udah bertahun tahun ngaspal. hal yang sering ditemukan yaitu mesin rx king kasar terutama saat mesin panas akan terdengar lebih jelas. 

     Banyak sekali pasrt yang diduga pada saat mesin rx king ini mulai kasar, adapun yang perlu dicek yaitu dari sektor : piston, stang seher , laker / bearing kruk as. ketiga part tersebut merupakan yang paling awal dicurigai jika mesin terdengar berisik. akan tetapi jika sudah terlanjur dan bisa juga untuk antisipasi agar tidak mudah aus pada komponen part nya, 

Berikut adalah komponen yang perlu di cek agar dapat mengurangi mesin rx king kasar saat panas : 

>  pastikan oli samping berfungsi dan tidak lupa mengisi jika sudah habis
>  selalu memanaskan mesin sebelum motor rx king digunakan agar oli melapisi piston
>  cek pen piston dan bearing bambu 
>  setel oli samping sedikit lebih boros
> pastkan karburator bersih dan tidak tersumbat pada bagian mainjet & pilotjet
> pastikan menggunakan busi yang sesuai dengan kebutuhan pembakaran mesin 

Berikut diatas merupakan hal yang perlu diperhatikan tentng mesin rx king kasar saat panas menurut kami, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dalam perawatan sepeda motor khususnya motor 2 tak yamaha rx king.

baca juga : mengatasi tangki motor rembs dan bocor 

Cara mengatasi tangki motor bocor dan rembes

              setiap kendaraan bermotor pasti selalu memiliki tempat penyimpanan bahan bakar yang pasti berfungsi sebagai penampungan bahan bakar. tangki setiap sepeda motor memiliki bentuk yang berbeda tergantung dengan model sepeda motor nya. dikarenakan bahan bakar tersebut berada didalam tangki motor yang berbahan besi, hal yang sangat lah wajar jika lama kelamaan tangki tersebut mulai berkarat dan perlahan bocor, setiap kebocoran ini juga tidak dapat diduga tergantung perawatan motor & seberapa kuat bahan dari tangki motor tersebut. 

 Yang menyebabkan tangki motor dapat terjadi kebocoran yaitu :


1. umur sudah tergolong lama.

2. didalam tangki tidak sengaja ada benda selain bahan bakar yang masuk misal : pasir, karet, air. 

3. motor tidak digunakan dalam waktu cukup lama dan tangki bahan bakar dalam kondisi kosong.

4. tutup tangki tidak rapat sehingga udara dapat masuk kedalam tangki. 


jika tangki motor nya sudah rembes atau bahkan bocor hal ini cukup berbahaya jika saat motor dipaksakan digunakan jika terjadi konslet ataupun tersambar api pada saat bahan bakar menetes. tetapi jika untuk mengganti tangki dengan yang baru kalau menurut saya sih untuk harganya lumayan mahal juga si.
tetapi jika belum ada ongkos buat beli tangki baru masih ada cara lain kok. berikut adalah beberapa alternatif nya .

Cara mengatasi tangki motor bocor : 


> las tangki 

   las tangki motor yang bocor ini merupakan cara yang paling kuat akan tetapi sebelum dilas sebaik nya tangki harus benar benar bersih dari bahan bakar ya. 

> sabun mandi batang

   cara ini hanya bersifat sementara tetapi jika darurat juga bisa sangat membantu, cara nya pada bagian yang rember digesekan dengan sabun mandi batang. 

> lem besi 

    cara nya hanya perlu mencari pusat bocor pada tangki lalu dilem dengan lem besi. lem besi sangat banyak dan mudah ditemui ditoko material contoh merek : plastic steel , araldit, epoputty, dll.

> resin 

cara pengaplikasian nya dengan cara mencampur resin dengan catalis sekitar 1/4 atau 1/2 tergantung kebutuhan dan masukan ke dalam tangki dan tunggu 24jam / sampai kering. (dengan catatan sebelum nya bersihkan dari sisa bahan bakar agar resin kuat menempel).

> epoxy

epoxy jika dimasukan dalam tangki dapat menutup pori pori tangki yang sudah korosi, cara ini biasanya digunakan untuk pencegahan kebocoran terutama untuk tangki motor tua/ lawasan. 

berikut diatas merupakan cara mengatasi tangki motor yang bocor maupun rembes yang paling mudah menurut kami, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

11 September 2022

merubah arus ac ninja menjadi dc

    

gambar soket kabel

Arus kelistrikan pada motor keluaran kawasaki 2 tak ini memakai arus kelistrikan bawaan nya yaitu arus AC.pada umum nya memang begitu sih arus yang digunakaan pada kelistrikan sepeda motor keluaran lama rata- rata masih memakai arus AC. apa sih arus AC tersebut ? menurut saya penjelasan singkat tentang arus AC ini adalah arus kelistrikan yang menggunakan arus tegangan yang berasal dari sepul yang nanti dimanfaat kan sebagai pusat penerangan pada lampu motor tersebut. 

kalo dirubah jadi arus DC apa bisa ? ya bisa saja tetapi sebelum nya ada hal yang perlu kita tau bersama saat sebelum merubah nya ke arus lampu DC agar tidak terjadi kesalahan. yang terpenting adalah motor kawasaki ninja r/ ss/ rr harus memakai aki dan arus pengisian aki yang normal yah karena arus DC tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa kenormalan kedua komponen kelistrikan tersebut. 

untuk merubah arus AC ninja menjadi DC tersebut sebenar nya tidaklah terlalu sulit, selagi kabnel body motor nya masih bawaan nya. 
langsung aja berikut cara nya :

1. lepas jok dan tangki motor nya terlebih dahulu

2. cek kiprok / regulator, ciri kiprok ini memiliki 4 kabel yang salah satu nya bewarna kuning, jika sudah langsung putuskan atau lepas agar tidak terhubung ke kiprok dan jangan lupa ujung kabel di solasi biar gak terjadi konlset.

3. lepas bagian depan kepala atau batok lampu cari kabel berwarna kuning, lalu sambung kan kabel tersebut dengan kabel yang terhubung dengan kunci kontak yang berwarna coklat.

4. jika sudah silahkan dicek apakah sudah berhasil atau belum dengan cara nyalakan posisi on lalu nyalakan lampu utama yang terletak pada holder. jika lampu sudah menyala tanpa harus menyalakan mesin berarti berhasil. dan jika belum pastikan aki tersambung dan berfungsi ya. 

berikut dia atas atdalah cara mudah merubah arus AC ninja menjadi DC dengan mudah. jika menggunakan arus DC mempunyai keuntungan yaitu lampu akan lebih stabil dan terang, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu pastikan aki dalam kondisi normal ya jika perlu gunakan voltmeter untuk memantau tegangan aki. dan satu hal lagi nih berdasarkan pengalaman saya jika bisa gunakan lampu yang LED yah agar beban arus lebih ringan.sekian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih. 

baca juga : warna kabel lampu yamaha fiz r

07 April 2022

warna kabel lampu yamaha fizr

 

kabel lampu depan fiz r

lampu depan sepeda motor memiliki peran yang snagatlah penting untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara terutama dijalanan yang gelap terlebih lagi jalan yang sedang dilewati tidak rata karena berbahaya jika tidak terlihat. fungsi dari lampu utama / lampu depan sangatlah penting maka diperlukan pengecekan ataupun perbaikan jika kondisi nya sudah mulai terganggu atau bahkan sudah tidak menyala, lampu depan biasan nya terbagi menjadi 2, yaitu jarak jauh dan jarak dekat. jadi jika salah satu lampu tersebut mati masih bisa digunakan satu nya lagi, akan tetapi harus lah segera diganti yang baru karena misalkan yang mati adalah lampu jarak dekat bukan tetapi terus menggunakan lampu jarak jauh terus menerus karena lampu jarak jaub dapat menyilaukan pengendara lain yang berada di lawan arah dan itu sangat merugikan dan membahayakan pengendara lain. 

adapula kerusakan yang menyebabkan lampu depan tidak berfungsi yang biasanya terdapat dibagian fiting maupun pada kabel nya lampu depan nya, karena kabel yang terus dialiri arus dan menyebab kan panas yang dapat merusak permukaan kabel dan menyebabkan kabel putus dan juga terbakar dan yang harus dilakukan adalah mengganti dengan kabel yang baru, ehh tapi dlam penggantian kabel nya jangan sampe salah ya. 

 

warna kabel lampu yamaha fiz r 

warna kabel lampu depan  untuk yamaha fiz r menggunakan 3 jalur kabel dengan warna yang berbeda dan jangan sampe salah arah penyambungan nya ya, berikut adalah warna kabel lampu depan yamaha fiz r : 

1. hitam (masa ) 

arus dari kabel warna hitam ini adalah negatif karena merupakan ground dari body agar dapat menyala jika dipertemukan dengan arus positif. 

2. kuning (lampu jarak jauh ) 

lampu ini jelas pengertian nya untuk menerangi pada jarak jauh, arus kabel nya adalah positif dan kabel ini bersumber dari saklar holder bagian kiri.  

3. hijau (lampu jarak dekat ) 

arus ini pengertian nya sebalik nya dengan lampu jarak jauh dan arus nya berada sama yaitu pada holder kiri yamaha fiz r. 

berikut diatas merupakan 3 kabel lampu depan yamaha fiz r sesuai dengan arti dan fungsi yang dapat dilihat berdasarkan dengan warna nya, sekali lagi pasangan kabel dengan sesuai warna nya ya jangan sampe terbalik. sekian yang dapat saya sampaikan tentang kabel lampu depan fiz r , semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan tentang seputar informasi tentang ototmotif, terima kasih. 

baca juga : arti warna kabel yamaha fizr 

warna kabel kunci kontak suzuki rc 100

 

gambar kunci kontak suzuki rc



fungsi kunci kontak 

        Untuk sepeda motor kunci kontak adalah suatu komponen yang bisa dikatakan adalah barang yang wajib ada untuk setiap unit nya, benda ini memiliki fungsi sebagai alat untuk mamtikan mesin kendaraan sepeda motor dan selain itu juga berguna untuk keamanan dari pencurian sepeda motor. terlebih dari semua itu ada beberapa fungsi lain terutama untuk motor 2 tak yang sudah mulai aus sparepart nya dan sering mengalami kerusakan tiba tiba dan bahkan mesin ngunci pada saat rpm tinggi dan itu sangat berbahaya, salah satu penggulangan pertama biasanya dengan mematikan kunci kontak untuk menghindari kerusakan mesin yang lebih parah. 

tetapi ada hal yang sering banget dijumpai nih tentang kelemahan dan resiko kunci kontak, yaitu kunci kontak hilang entah itu kunci kontak sudah dol dan jatuh dijalan ataupun lupa saat menyimpan nya, jadi bakal ribet juga kan kalo punya motor tapi kunci kontaka nya gak ada ? hehehe jadi sekedar saran aja nih kalo yang gak punya kunci motor duplikat bisa dibuatkan duplikat nya ke tukang kunci dari vpada misalnya  lupa nyimpen atau bahkan hilang gak perlu repot nyari dan lagi pula gak mahal banget buat kunci duplikat. 

warna kabel kunci kontak suzuki rc 100 

        teruntuk sepeda motor yang kita jumpai bentuk kunci kontak nya hampir sama tetapi untuk sistem kelistrikan nya yang berguna untuk proses mematikan mesin berbeda beda hloh, misal sesuai dengan yang akan kita bahas nih tentang kabel kunci kontak suzuki rc 100, untuk sepeda motor ini pada bagian kuntak ada beberapa kabel yang perlu diketahui dulu nih arti dari warna kabel nya. berikut dibawah akan dijelas kan warna kabel serta arti jalur nya. 

1. merah  (aki)

kabel ini masuk ke bagian dalam kontak dan berasal dari aki sepeda motor.

2. orange ( output )

kabel ini mempunyai arah keluar dan ber arus dari aki dan dikeluarkan oleh kabel ini untuk diantar naik sebagai penerangan untuk indikator spedometer. 

3. merah hitam ( sepul cdi )

kanel ini yang berfungsi untuk mematikan mesin motor dikarenakan arus ini ditempel dengan masa atau ground makan mesin akan mati. 

4. biru putih ( indikator oli samping )

kabel ini memiliki arus positif yang berasan dari sensor untuk oli sampinng yang terletak pada botol oli samping dan menuju ke arah spedometer. 

5. hitam ( massa ) 

arus negatid yang biasanya ditempelkan ke seluruh bodi motor. 

nah itu adalah keetrangan tentanf warna kabel kunci kontak suzuki rc 100 beserta dengan warna kabel nya agar memudahkan dalam melakukan perbaikan atau juga misal saat di bongkar dan dapat dirakit dengan mudah jika sudah menegerti arti dari warna kabel beserta dengan fungsi nya, sekian yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini semoga dapat memberikan manfaat, terima kasih. 

 baca juga : cara bikin fizr galak 

19 Maret 2022

jalur kabel kiprok suzuki bravo

 

untuk apa kiprok ? 

kiprok berguna untuk memberikan arus yang stabil agar aman digunakan untuk mengaliri arus penerangan dan kelistrikan sepeda motor suzuki bravo sehingga dalam penerangan lampu menjadi lebih efisien dan berfungsi secara maksimal serta dapat digunakan sebagai pengisi ulang daya arus dalam aki.

 kabel soket kiprok suzuki bravo

peran kiprok ini menggunakan sambungan yang ditancapkan agar dapat tersambung tetapi biasanya disebut dengan soket, nah untuk suzuki bravo ini memakai soket kiprok dengan 4 pin soket / menggunakan 4 jalur kabel yang menuju ke kiprok. dan perlu kita ketahui bersama warna kabel ini memiliki perbedaan, hal ini dibuat bukan tanpa tujuan , akan tetapi perbedaan warna ini diperlukan untuk pembeda atau identitas si kabel ini agar dalam proses entah perbaikan maupun pengecekan disaat kabel arus dari kiprok maupun komponen lainya mengalami kerusakan dapat mempermudah pelacakan dalam pencarian kerusakan nya. akan tetpi seiring berjalan nya waktu dan bertambah nya usia terutama untuk suzuki bravo yang sering dijumpai adalah kabel body sudah mulai rusak dan harus diperbaiki terutama di bagian kiprok maupun soket kabel nya. jadi untuk mempermudah jika dalam perakitan kabel bagian kiprok suzuki bravo akan dijelas kan dibawah tentang warna kabel dan arti dari kabel tersebut. 

 

 

   1

    2

   4

    3

 

 

 

 

(blok hitam arah pin soket )

 

Hitam putih (-) massa 

kabel ini memiliki jalur yang terletak pada bagian bodi atau rangka yang terbuat dari besi ataupun almunium guna menghantar arus negatif ke seluruh bodi motor suzuki bravo

Putih merah (+) pengisian aki

arus ini berfungsi untuk mengaliri arus isi ulang daya untuk aki agar lampu tetap dalam kondisi stabil.

Merah (+) aki 

berfungsi menerima isi ulang dari arus yang sudah masuk dan memberikan arus lanjutan pada bagian atas seperti indikator spedometer dan lampu 

Kuning (+) spul penerangan 

sepul ini berguna untuk penerangan suzuki bravo agar lampu dapat menyala dengan kapasitas nya.

setelah mempelajari arti dari bagian jalur kabel kiprok suzuki bravo  dapat diketahui penting nya kiprok untuk sepeda motor terutama pada bagian kelistrikan dan lampu, berikut yang bisa saya sajikan dalam artikel ini semoga dapat memberikan manfaat, dan perlu diketahui juga jika dalam perbaikan kabel kiprok masih kurang dimengerti dapat melakukan perbaikan sepeda motor suzuki bravo ke bengkel yang sudah berpengalaman tentang kelistrikan agar tidak terjadi hal yang dirugikan, terima kasih. 

 baca juga : arti warna kabel yamaha fizr

Restorasi yamaha alfa

 Restorasi yamaha alfa merah tahun 1988